IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Arsil, Arsil and Pamela, Issaura Sherly and Hayani, Fahira Hasmi (2022) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi_Fahira Hasmi Hayani_A1D118104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER FAHIRA.pdf

Download (102kB)
[img] Text
ABSTRAK FAHIRA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK Hayani, Fahira Hasmi. 2022. Implementasi Model Project Based Learning Pada Muatan IPA Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd. Pembimbing (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Model Project Based Learning, pembelajaran IPA Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan implementasi model Project Based Learning pada muatan IPA kelas V SD 47/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SDN 47/IV Kota Jambi pada 17 Januari 2022 – 17 Februari 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data pada penelitian ini adalah guru kelas dan siswakelas V SDN 47/IV Kota Jambi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan, pertama reduksi data, kedua penyajian data, ketiga menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model project based learning pada muatan IPA di SDN 47/IV Kota Jambi memiliki tiga tahap dalam mengimplementasi yaitu : (1) tahap persiapan, guru mempersiapkan RPP, Lembar Kerja Peserta Didik sesuai dengan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan. Kemudian guru selanjutnya untuk menentukan project yang akan dilaksanakan sesuai dengan KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran. (2) tahap pelaksanaan, kegiatan berupa proses pembelajaran yang terdapat pada RPP yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan ini dan kegiatan penutup. (3) tahap tindak lanjut, kegiatannya guru dan peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran mengenai proses pembuatan project, guru memberikan penguatan, guru memberikan pertanyaan umpan balik, guru memberikan tugas kepada peserta didik, peserta didik juga mencari sumber belajar lain untuk memperkaya materi yang telah di pelajari. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pengimplementasian model project based learning pada muatan IPA kelas V Sekolah Dasar No. 47/IV Kota Jambi merupakan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru kelas V SDN 47/IV Kota Jambi, sehingga menciptakan pembelajaran yang menarik dalam belajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: HAYANI
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:27
Last Modified: 21 Apr 2022 01:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32895

Actions (login required)

View Item View Item