Arsil, Arsil and Hayati, Suci and Kartina, Kartina (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI_KARTINA_PGSD.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (19kB) |
Abstract
ABSTRAK Kartina, 2022, “Implementasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar di Sekolah Dasar”. Skripsi, Program Studi Pendiidkan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Drs. Arsil, M.Pd. (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Implementasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Motivasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam menumbuhkan motivasi belajar di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 66/IV Kota Jambi pada tanggal 08 Desember 2021 s/d 08 Januari 2022. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi untuk mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh informan yaitu guru kelas dan siswa kelas IV yang di teliti. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas data yaitu Triangulasi Teknik dengan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1). Media yang paling sering digunakan yaitu media Whatsapp, Google dan Youtube. 2). Teknologi yang di manfaatkan meliputi Laptop, Handphone, Komputer dan LCD 3). Pada tahap perencanaan guru mempersiapkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) berdasarkan kurikulum 2013, dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat terdapat Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, penilaian pembelajaran, sumber dan media pembelajaran. 4). Pada tahap pelaksanaan guru menyiapkan peserta didik yaitu dengan cara mengkondisikan kelas agar kondusif kemudian sebelum memasuki materi pembelajaran guru akan mengulang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Guru menerapkan metode tanya jawab, diskusi dalam bentuk kelompok dan melakukan percobaan. Selama menggunakan teknologi informasi dan komunikasi selama proses pembelajaran dapat menumbuhkan motivasi peserta didik. 5). Pada tahap evaluasi guru melakukan pemantauan pada saat pembelajaran berlangsung ada 3 jenis penilaian yaitu penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dapat menumbuhkan motivasi belajar sebagai berikut : peserta didik lebih aktif dan antusias dalam belajar karena menggunakan sesuatu yang baru, semangat belajar mulai tumbuh, dapat menyimpulkan materi yang telah di pelajari dan pembelajaran lebih efektif dan efisien.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | KARTINA |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 06:39 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 06:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32936 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |