TINDAK TUTUR EKSPRESIF GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMA N 1 MUARO JAMBI TAHUN AJARAN 2021/2022

Nadhirah, Maskurotun (2022) TINDAK TUTUR EKSPRESIF GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMA N 1 MUARO JAMBI TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (102kB)
[img] Text
lembar persetujuan(1).pdf

Download (179kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (183kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Nadhirah, Maskurotun. 2022. Tindak Tutur Ekspresif Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X di SMA N 1 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2021/2022 : Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Eddy Pahar Harahap M, Pd., (II) Hilman Yusra, S. Pd., M. Pd. Kata kunci: tindak tutur, tindak tutur ekspresif Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur ekspresif guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA N 1 Muaro Jambi. Subjek dalam penelitian ini adalah semua tuturan yang terdapat dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA N 1 Muaro Jambi tahun ajaran 2021/2022. Sedangkan objek data penelitian ini berupa tuturan ekspresif yang terdapat dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA N 1 Muaro Jambi tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh menggunakan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) yang diikuti teknik lanjutan yaitu teknik rekam dan catat, serta teknik observasi. Uji validitas peneliti menggunakan triangulasi teori. Instrumen yang digunakan yaitu peneliti sendiri berperan sebagai Human instrumen (perencana, pengumpul data, penafsir data, dan pelapor hasil) serta kartu data. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tindak tutur ekspresif yang ada antara guru dan siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA N 1 Muaro Jambi tahun ajaran 2021/2022 ditemukan 7 jenis tuturan ekspresif sebanyak 25 tuturan. Bentuk tuturan tersebut antara lain, tindak tutur ekspresif ucapan terima kasih sebanyak 7 tuturan, tindak tutur ekspresif ucapan mengkritik sebanyak 6 tuturan, tindak tutur ekspresif ucapan mengeluh sebanyak 5 tuturan, tindak tutur ekspresif ucapan heran sebanyak 1 tuturan, tindak tutur ekspresif ucapan meminta maaf sebanyak 1 tuturan, dan tuturan ekspresif ucapan selamat sebanyak 1 tuturan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan 7 jenis tuturan ekspresif sebanyak 25 tuturan, dan tuturan yang paling banyak digunakan ialah tuturan ekspresif ucapan terima kasih yang dilakukan oleh guru. Selain itu juga ditemukan tuturan tindak tutur ekspresif lain. Pada penelitian ini menunjukkan siswa kurang bertindak tutur ekspresif karna hanya dua tuturan yang dilakukan oleh siswa. Untuk guru diharapkan dapat menerapkan dan menggunakan metode pembelajaran yang variatif sehingga pembelajaran lebih aktif. Sedangkan untuk para peneliti yang ingin melakukan penelitian sejenis penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pembanding.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tindak tutur, tindak tutur ekspresif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: NADHIRAH
Date Deposited: 19 Apr 2022 07:52
Last Modified: 19 Apr 2022 07:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33015

Actions (login required)

View Item View Item