Thalia, Cindy and Chan, Faizal and Hariandi, Ahmad (2022) ANALISIS PENGALAMAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR 55/I SRIDADI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI CINDY THALIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (821kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (85kB) |
Abstract
ABSTRAK Thalia, Cindy. 2022. Analisis Pengalaman Guru Dalam Menanamkan Karakter Agama Islam di SDN 55/I Sridadi: Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si (II) Dr. Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. Kata kunci: Pengalaman Guru dan Karakter Agama Islam Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengalaman Guru Dalam Menanamkan Karakter Agama Islam di SDN 55/I Sridadi tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi pada Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Fenomenologi. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi mengenai Pengalaman Guru Dalam Menanamkan Karakter Agama Islam di SDN 55/I Sridadi. Adapun subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas Rendah (kelas 1C, 2A dan 3B), Guru Pendidikan Agama Islam dan Tenaga Kependidikan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis dengan teknik analisis data. Teknik analisa data terdapat 3 tahapan yaitu tahap deskripsi data, reduksi data dan seleksi data. Uji validasi data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengalaman guru dalam menanamkan karakter agama Islam sebagai berikut: (1) Membiasakan peserta didik untuk berperilaku baik berdasarkan ajaran-ajaran karakter islami yang diberikan (2) Adapun karakter agama Islam yang diajarkan oleh guru seperti karakter jujur, karakter disiplin, karakter taat kepada Allah SWT, karakter peduli, keberanian, karakter sopan santun, karakter tanggung jawab, karakter percaya diri dan karakter toleransi. (3) Dari catatan penilaian sikap spiritual peserta didik, menunjukkan sebagian hasil penerapan karakter agama islam yang diajarkan guru dapat dipahami peserta didik dengan baik, namun terdapat beberapa peserta didik masih belum bisa menerima secara maksimal dalam menjalankan karakter yang diajarkan guru. Hal ini bisa dipengaruhi beberapa faktor yang pertama faktor dukungan orang tua atau keluarga, faktor sosial masyarakat, faktor lingkungan dan faktor penggunaan teknologi. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah pengalaman guru dalam menanamkan karakter agama islam pada peserta didik sudah baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Thalia |
Date Deposited: | 10 May 2022 08:37 |
Last Modified: | 10 May 2022 08:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33187 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |