PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN DISENTRA BALOK DI TK Al-FALAH KOTA JAMBI

RAHMAWATI, RAHMAWATI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN DISENTRA BALOK DI TK Al-FALAH KOTA JAMBI. JURNAL PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN DISENTRA BALOK DI TK Al-FALAH KOTA JAMBI.

[img] Text
RAHMAWATI RRA1F113021 ARTIKEL.pdf

Download (128kB)

Abstract

ABSTRAK Rahmawati. 2018. Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran di Sentra Balok di TK Al-Falah kota jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Emosda, M.pd. Kons, dan Pembimbing II Dr.K.A.Rahman. S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci : Perkembangan Kognitif , Pembelajaran di Sentra Balok. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Perkembangan kognitif anak usia dini dalam pembelajaran di sentra balok di TK Al-Falah kota jambi. Penelitian ini menggunakan metode Kuntitatif Dan Kualitatif Deksripstif, dengan responden dan informan adalah guru kelas di TK Al-Falah Kota Jambi.teknik pengumpulan data dilakukan mengunakan rubrik penilaian,observasi,dan wawancara.Data di analisis mengikuti teori Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas yang mengajar di TK Al-Falah Kota Jambi.terdapat 1 guru yang mengajar di sekolah tersebut dan kepala sekolah, Semua dijadikan subjek dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini bahwa Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran di Sentra Balok di TK Al-Falah Kota Jambi sebagai berikut ; Pada indikator Belajar dan bermain menyusun balok dan mengurutkan benda,dan mengklasifikasikan benda pada deksripstor masing-masing melakukan kegiatan, Sedangkan di minggu pertama hanya 23.8% dan hanya 2 siswa melakukan kegiatan, sedangkan di minggu kedua hanya 7.9 % yang bisa melakukan kegiatan tersebut dan pada kegiatan di minggu ketiga 92% siswa yang bisa melakukan dan hanya 8 siswa yang bisa melakukan kegiatan semua kegiatan seperti mengklasifikasikan , mengurutkan , dan mengunakan benda-benda yang terdapat disentra balok. Sedangkan hasil wawancara menunjukkan bahwa TK Al-Falah Kota Jambi sudah dalam mengklasifikasikan atau mengembalikan balok-balok ke raknya, mengunakan balok dengan menyusun balok-balok yang di perintahkan oleh guru, mengurutkan balok dari yang terbesar dan terkecil dan menyebutkan warna-warna balok dan bentuk balok.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RAHMAWATI
Date Deposited: 22 Feb 2018 04:56
Last Modified: 22 Feb 2018 04:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3393

Actions (login required)

View Item View Item