Silnayeti, Silnayeti and Haryanto, Eddy and Sulistiyo, Urip (2022) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI BERBASIS SENTRA : STUDI KASUS DI TKIT NURUL ‘ILMI JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER TESIS SILNAYETI.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN TESIS SILNAYETI.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK TESIS SILNAYETI.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
BAB V TESIS SILNAYETI.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA TESIS SILNAYETI.pdf Download (107kB) |
Abstract
Pentingnya pendidikan anak usia dini dilakukan dengan pertimbangan bahwa usia dini adalah usia emas (the golden age) yang dapat menyerap dan menyimpan banyak potensi dan pengetahuan. Penelitian yang akan dilakukan lebih menekankan pada bagaimana penguatan Pendidikan karakter di terapkan dalam pembelajaran, mulai anak-anak tiba di sekolah sampai anak-anak pulang ke rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana Penguatan Pendidikan karakter Anak Usia Dini, menganalisis faktor penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan Pendidikan karakter Anak Usia Dini berbasis sentra dan mengetahui Strategi yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat pelaksanaan Pendidikan karakter Anak Usia Dini di TKIT Nurul ‘Ilmi Jambi. Metode penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan deskriptifkan bagaimana penerapan pendidikan karakter anak usia dini berbasis sentra (studi kasus di salah satu TK Islam terpadu dikota Jambi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penguatan Karakter Anak Usia Dini Berbasis Sentra di TKIT Nurul ‘Ilmi: a) kegiatan awal sekolah, b) Pijakan lingkungan main, c) Pijakan sebelum main, d) Pijakan selama main, e) Pijakan setelah main. Faktor penghambat dalam penguatan karakter anak usia dini berbasis sentra yaitu karakter siswa yang berbeda, dukungan orang tua dan faktor lingkungan. Strategi dalam menghadapi faktor penghambat dalam penguatan karakter pada anak usia dini berbasis sentra yaitu pembiasaan nilainilai karakter melalui penataan lingkungan bermain dan metode mengajar yang tepat sesuai dengan tema yang direncanakan, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menjalin komunikasi yang intensif dengan wali murid agar program yang dilakukan di sekolah dapat dikuatkan di rumah serta adanya keteladanan dari guru.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguatan Karakter Anak Usia Dini, Pembelajaran Sentra |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Silnayeti |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 05:29 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 05:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34993 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |