RAHMA, ANISA ANALISIS FAKTOR FAKTOR PENDORONG WANITA MENGAMBIL KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA PADA SENTRA USAHA MIKRO KECIL BATIK JAMBI KOTA SEBERANG. ANALISIS FAKTOR FAKTOR PENDORONG WANITA MENGAMBIL KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA PADA SENTRA USAHA MIKRO KECIL BATIK JAMBI KOTA SEBERANG. (Submitted)
![]() |
Text
Artikel.pdf Download (317kB) |
Abstract
ABSTRAK Anisa Rahma. 2018. Analisis Faktor-faktor Pendorong Wanita Mengambil Keputusan Berwirausaha Pada Sentra Usaha Mikro Kecil Batik Jambi Kota Seberang. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dra. Hj. Muazza, M.Si. Pembimbing (II) Rosmiati S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Faktor-faktor Pendorong Wanita Bewirausaha Batik Jambi Dalam perkembangan zaman seperti saat ini berwirausaha tidak hanya dimiliki oleh kaum pria tetapi kaum wanita juga telah mengambil bidang ini. Peranan tersebut semakin nyata terlihat dari bertambahnya jumlah pelaku usaha dari kalangan wanita. Dahulu seorang wanita diidentikkan sebagai seorang yang hanya bisa berdiam diri di dalam rumah, mengurusi pekerjaan rumah tangga, merawat keluarga dan pekerjaan domestik lain, namun sejalan dengan membaiknya kesetaraan gender kesempatan bagi para wanita untuk dapat berperan dalam perekonomian sesuai dengan keahlian dan kemampuan yang mereka miliki terbuka luas. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong keputusan wanita untuk berwirausaha batik, 2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi wanita dalam berwirausaha batik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menghasilkan data deskriptif. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik traingulasi. Analisis data menggunakan analisis data model miles and huberman yang terdiri dari dari data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada faktor-faktor yang mendorong wanita berwirausaha batik yaitu 1) Faktor ekonomi dimana wanita mencari tambahan uang dengan maksud membantu memenuhi kebutuhan keluarga/sehari-hari. 2) Faktor kemandirian adanya keinginan wanita untuk mandiri bekerja dengan membuka usaha sendiri dalam mencari uang tanpa bergantung pada pemerintah maupun instasi lain. Kendala usaha yang dihadapi oleh para pengrajin batik Jambi adalah 1) Sektor pemasaran 2) Sumber modal 3) Sumber daya manusia 4) Batik Jambi proses produksi di Jawa dan 5) Bahan baku yang didatangkan dari Jawa. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan kepada pihak Pemerintah, agar dapat membantu para pengrajin batik Jambi dalam hal pemasaran produk, misalnya dengan lebih sering memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam pameran ataupun event-event baik didalam maupun luar negeri. Serta pemerintah khususnya dinas terkait perlu lebih berperan aktif dalam pemberdayaan dan pembinaan wanita berwirausaha terutama dalam hal kemampuan pengelolaan usaha.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ANISA RAHMA |
Date Deposited: | 02 Mar 2018 03:16 |
Last Modified: | 02 Mar 2018 03:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3504 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |