YANSAH, DEVI and MAIZAR, KARIM and LARLEN, LARLEN (2022) Problematik Pembelajaran Puisi Rakyat Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Kota Jambi Tahun 2022. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover Dev.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (496kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (567kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL DEVI YANSAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Yansah, Devi. 2022. Problematik Pembelajaran Puisi Rakyat Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Kota Jambi Tahun 2022: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Mazar Karim, M. Hum., (II) Drs. Larlen, M.Pd. Kata kunci: Problematik, Pembelajaran Puisi Rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Problematik Pembelajaran Puisi Rakyat Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Kota Jambi Tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Narasumber dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VII. Data penelitian ini didapat dari hasil wawancara mengenai problematik dalam pembelajaran puisi rakyat. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 9 siswa dan 1 guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian bahwa lebih dari sebagian siswa sudah sesuai dalam membuat puisi rakyat jenis pantun, akan tetapi masih ada siswa yang cukup sesuai bahkan ada yang tidak sesuai dengan ciri-ciri pantun. Berdasarkan hasil puisi rakyat jenis gurindam, hampir sebagian siswa yang cukup sesuai dengan ciri-ciri gurindam akan tetapi masih ada yang tidak sesuai dengan menulis puisi rakyat dengan ciri-ciri gurindam. Selanjutnya lebih dari sebagian siswa yang sudah menulis puisi rakyat jenis syair sesuai dengan ciri-ciri syair, akan tetapi masih ada siswa yang cukup sesuai dan tidak sesuai dengan ciri-ciri syair tersebut. Dari hasil tersebut, disarankan dalam mengatasi permasalahan pempelajaran puisi rakyat dapat diatasi dengan variasi mengajar dan media yang menarik agar siswa lebih bersemangat dan tentunya juga dapat mempermudah siswa dalam memahami pelajaran puisi rakyat dengan baik. Sehingga guru juga lebih kreatif dalam mengajar dan tidak menggunakan metode pembelajaran yang monoton seperti berceramah yang dianggap membosankan oleh siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | YANSAH |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 08:00 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 08:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35132 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |