Problematik Pembelajaran Puisi Rakyat Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Kota Jambi Tahun 2022

YANSAH, DEVI and MAIZAR, KARIM and LARLEN, LARLEN (2022) Problematik Pembelajaran Puisi Rakyat Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Kota Jambi Tahun 2022. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover Dev.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (567kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL DEVI YANSAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Yansah, Devi. 2022. Problematik Pembelajaran Puisi Rakyat Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Kota Jambi Tahun 2022: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Mazar Karim, M. Hum., (II) Drs. Larlen, M.Pd. Kata kunci: Problematik, Pembelajaran Puisi Rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Problematik Pembelajaran Puisi Rakyat Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Kota Jambi Tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Narasumber dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VII. Data penelitian ini didapat dari hasil wawancara mengenai problematik dalam pembelajaran puisi rakyat. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 9 siswa dan 1 guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian bahwa lebih dari sebagian siswa sudah sesuai dalam membuat puisi rakyat jenis pantun, akan tetapi masih ada siswa yang cukup sesuai bahkan ada yang tidak sesuai dengan ciri-ciri pantun. Berdasarkan hasil puisi rakyat jenis gurindam, hampir sebagian siswa yang cukup sesuai dengan ciri-ciri gurindam akan tetapi masih ada yang tidak sesuai dengan menulis puisi rakyat dengan ciri-ciri gurindam. Selanjutnya lebih dari sebagian siswa yang sudah menulis puisi rakyat jenis syair sesuai dengan ciri-ciri syair, akan tetapi masih ada siswa yang cukup sesuai dan tidak sesuai dengan ciri-ciri syair tersebut. Dari hasil tersebut, disarankan dalam mengatasi permasalahan pempelajaran puisi rakyat dapat diatasi dengan variasi mengajar dan media yang menarik agar siswa lebih bersemangat dan tentunya juga dapat mempermudah siswa dalam memahami pelajaran puisi rakyat dengan baik. Sehingga guru juga lebih kreatif dalam mengajar dan tidak menggunakan metode pembelajaran yang monoton seperti berceramah yang dianggap membosankan oleh siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: YANSAH
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:00
Last Modified: 20 Jun 2022 08:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35132

Actions (login required)

View Item View Item