PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 5 KOTA JAMBI

Aprianti, Ika (2022) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text
HLMN1.pdf

Download (99kB)
[img] Text
HLM2.pdf

Download (115kB)

Abstract

Aprianti, Ika. 2022. Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Media gambar Pada Siswa Kelas XI Multimedia SMK Negeri 5 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Dra. Warni, M.Hum., (II) Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum. Kata Kunci: Kemampuan, meningkatkan, menulis, teks prosedur. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas XI Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Kota Jambi tahun ajaran 2021/2022. Penggunaan media gambar menjadi media yang membantu pengajar pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur pada siswa SMK Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini terbagi menjadi dua siklus. Penelitian ini mengukur keberhasilan siswa dalam menulis teks prosedur serta kualitas siswa pada proses pembelajaran. Aspek- aspek yang ditekankan antara lain isi, organisasi, kosa kata dan diksi, kebahasaan, penulisan, dan kerapian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, dan alat pendukung lainnya. Analisis dilakukan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Keberhasilan siswa harus memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa adanya peningkatan pada hasil nilai siswa dalam menulis teks prosedur menggunakan media gambar siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 5 Kota Jambi Tahun ajaran 2021/2022. Dilihat dari hasil nilai mulai dari pratindakan sampai siklus II. Rata-rata siswa meningkat dari 69,48 ke 77,73 dan meningkat pada siklus II menjadi 90,6. Jadi dari hasil yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 5 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: APRIANTI
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:23
Last Modified: 27 Jun 2022 07:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35595

Actions (login required)

View Item View Item