Tambunan, Ida Puspita Sari Pengembangan Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid di Kelas XI SMA. Pengembangan Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid di Kelas XI SMA.
![]() |
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (344kB) |
Abstract
Penilaian dalam sistem pembelajaran berfungsi sebagai cara untuk menilai proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik yang tidak lepas dari penggunaan instrumen. Penilaian pada ranah kognitif bertujuan untuk melihat kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara pengembangan instrumen berpikir kreatif dan mengetahui respon pendidik serta peserta didik terhadap pengembangan instrumen berpikir kreatif pada materi sistem koloid yang dikembangkan. Pengembangan instrumen penilaian yang dibuat, meliputi uji kelayakan berdasarkan validasi tim ahli serta respon dari pendidik dan peserta didik terhadap instrumen berpikir kreatif yang dikembangkan. Desain yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan yang dimodifikasi oleh Supardi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Produk setelah dikembangkan oleh peneliti kemudian divalidasi oleh ahli materi, konstruk dan bahasa. Selanjutnya produk dilakukan uji coba empirik terbatas dengan melibatkan 10 peserta didik dan pada uji coba luas melibatkan 148 peserta didik. Hasil yang diperoleh peserta didik terhadap keterbacaan soal diperoleh hasil persentase total keseluruhan aspek berpikir kreatif sebesar 73% dengan masing-masing bagian terdiri dari 20,5% (berpikir lancar), 19,1% (berpikir luwes), 17,4 (berpikir orisinal) dan 16,0 (berpikir elaborasi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen dapat mengukur kemampuan berpikir kreatif pada aspek berpikir lancar, berpikir luwes dan berpikir orisinal dengan baik. Namun pada aspek berpikir elaborasi belum dapat mengukur dengan baik hal ini karena peserta didik kesulitan memecahkan masalah dengan cara berbeda dengan peserta didik lainnya.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Ida Puspita Sari Tambunan |
Date Deposited: | 09 Mar 2018 09:52 |
Last Modified: | 09 Mar 2018 09:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3577 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |