Analisis Kompetensi Dasar (KD) menjadi Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dalam Rancangan Pembelajaran Materi Menulis Teks Faktual di SMPN 14 Kota Jambi

Turrasyidah, Hikma (2022) Analisis Kompetensi Dasar (KD) menjadi Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dalam Rancangan Pembelajaran Materi Menulis Teks Faktual di SMPN 14 Kota Jambi. S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indo.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (53kB)
[img] Text
SKRIPSI ANALISIS KOMPETENSI DASAR HIKMA-dikompresi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
PENGESAHAN (ii).pdf

Download (195kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (128kB)

Abstract

ABSTRAK Hikmaturrasyidah. 2022. Analisis Kompetensi Dasar (KD) Menjadi Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dalam Rancangan Pembelajaran Materi Menulis Teks Faktual Di SMPN 14 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dam Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. Kamarudin, M.Pd. (2) Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum. Kata Kunci: Analisis, Indikator Pencapaian Kompetensi, Rancangan Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana cara guru mengembangkan kompetensi dasar (KD) menjadi Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dalam rancangan pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menulis teks faktual di SMPN 14 Kota Jambi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori yang berkaitan dengan rancangan pembelajaran seperti pengembangan RPP dan silabus, khususnya membahas tentang KD dan indikator pencapaian kompetensi (IPK) dan cara analisis dengan menggunakan teori Taksonomi Bloom edisi revisi. Serta sebagai acuan dalam penelitian ini menggunakan dua penelitian relevan yang juga membahas tentang analisis kompetensi dasar menjadi indikator pencapaian kompetensi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 14 Kota Jambi pada bulan Maret-April 2022. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia. Di antaranya 2 orang guru yang mengajar di kelas VIII dan 1 orang guru yang mengajar di kelas IX. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik wawancara mendalam dan dokumentasi, dengan menggunakan teknik analisis data triangulasi atau penggabungan data. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam pengembangan KD menjadi indikator masih terdapat kekurangan, seperti indikator yang tidak dicantumkan pada RPP/silabus, indikator yang dikembangkan belum memenuhi syarat, dan tingkat kompetensi pada indikator yang tidak berurutan. Jadi, dari hasil penelitian ini disarankan kepada para pendidik terutama guru Bahasa Indonesia agar lebih memahami bagaimana cara mengembangkan KD menjadi indikator, karena indikator merupakan hal yang sangat penting dalam rancangan pembelajaran salah satunya berkaitan dengan tujuan pembelajaran serta penilaian kepada peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: HIKMATURRASYIDAH
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:04
Last Modified: 29 Jun 2022 03:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35859

Actions (login required)

View Item View Item