Pengembangan Video Animasi Berbasis Saintifik Materi Sifat Koloid Menggunakan Animaker Berbantuan Edpuzzle

Kelantan, Kelantan (2022) Pengembangan Video Animasi Berbasis Saintifik Materi Sifat Koloid Menggunakan Animaker Berbantuan Edpuzzle. S1 thesis, Pendidikan Kimia.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
Skripsi Kelantan (A1C118023).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf

Download (80kB)

Abstract

Video animasi adalah suatu video yang berisi gambar/teks yang dapat bergerak disertai dengan suara. Video animasi termasuk ke dalam jenis multimedia, yang didalamnya terdapat berbagai komponen penyusun (semisal gerak, video, sound, evaluasi dan sebagainya). Video animasi berfungsi sebagai bahan ajar guru di kelas dan sumber belajar mandiri siswa di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Memahami prosedur pengembangan video animasi berbasis saintifik materi sifat koloid menggunakan Animaker berbantuan Edpuzzle. (2) Mengetahui kelayakan video animasi berbasis saintifik materi sifat koloid menggunakan Animaker berbantuan Edpuzzle. (3) mengetahui penilaian dari guru dan respon peserta didik terhadap video animasi berbasis saintifik materi sifat koloid menggunakan Animaker berbantuan Edpuzzle. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dilakukan uji praktisi dan dilakukan uji coba kelompok kecil dengan 10 orang siswa. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar wawancara dan angket. Dari hasil penelitian menunjukan validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan media menyatakan media yang dikembangkan sangat layak untuk diujicobakan. Hasil validasi ahli materi diperoleh skor 48 (sangat layak) dengan persentase 92,3%. Pada saat validasi media oleh ahli media dilakukan 2 kali proses validasi dengan skor validasi pertama yaitu 37 (layak) dengan persentase 71,15%. Sedangkan skor yang diperoleh dari validasi kedua yaitu 46 (sangat layak) dengan persentase 88,46%. Video animasi yang dikembangkan mendapat penilaian sangat layak dari salah satu guru mata pelajaran kimia di SMAN 1 Muaro Jambi dengan skor 49 dengan persentase 94,23%. Sedangkan dari hasil respon siswa, diperoleh skor 462 dengan rata-rata 3,55 yang termasuk kategori sangat baik dengan persentase 88,84%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa video animasi berbasis saintifik materi sifat koloid layak digunakan sebagai bahan ajar oleh guru di sekolah dan sumber belajar mandiri siswa di rumah.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video Animasi, Saintifik, Sifat Koloid
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Kelantan
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:22
Last Modified: 13 Jul 2022 07:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36849

Actions (login required)

View Item View Item