Identifikasi Bentuk Tanggung jawab Orang Tua Dalam Menanamkan Sikap Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini Di TK Al-Ihklas Desa Mekar Sari Makmur

Nurdiana, Susanti (2022) Identifikasi Bentuk Tanggung jawab Orang Tua Dalam Menanamkan Sikap Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini Di TK Al-Ihklas Desa Mekar Sari Makmur. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (38kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (74kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)

Abstract

ABSTRAK Susanti Nurdiana. 2022. “Identifikasi Bentuk tanggung jawab orangtua dalam menanamkan sikap budi pekerti pada anak usia dini di TK AL Ikhlas Desa Mekar Sari Makmur”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Kata Kunci: Identifikasi Bentuk tanggung jawab orangtua dalam menanamkan sikap budi pekerti Berdasarkan hasil observasi awal peneliti di TK AL Ikhlas Desa Mekar Sari Makmur menyatakan bahwa sebagian orangtua anak bekerja sebagai petanibeberapa anak kurang menghormati bahkan acuh terhadap orang di lingkungannya, tidak mau menyapa teman jika bertemu dengannya, terkadang mengolok-olok teman sampai melewati batas, selalu berprasangka buruk terhadap temannya, tidak mau menolong teman yang membutuhkan bantuan dari. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi bentuk tanggung jawab orangtua dalam menanamkan sikap budi pekerti pada anak usia dini di TK AL Ikhlas Desa Mekar Sari Makmur. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. dengan mengacu pada kriteria tersebut, maka jumlah sampel adalah 16 orang anak, dikarenakan populasi kurang dari 100 maka sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi kelas B di TK AL Ikhlas Desa Mekar Sari Makmur dengan jumlah 16 anak. Hasil penelitian yaitu presentase frekuensi jawaban responden dari 5 item pernyataan mengenai identifikasi bentuk tanggungjawab orangtua dalam menanamkan sikap budi pekerti pada anak usia dini di TK Al Ikhlas Desa Mekar Sari Makmur pada indicator pendidik, berada pada tingkatan “tinggi” dengan capaian sebesar 80%. frekuensi jawaban responden dari 5 item pernyataan mengenai identifikasi bentuk tanggungjawab orangtua dalam menanamkan sikap budi pekerti pada anak usia dini di TK Al Ikhlas Desa Mekar Sari Makmur pada indicator pemdorong (Motivasi), berada pada tingkatan “tinggi” dengan capaian sebesar 74%. frekuensi jawaban responden dari 5 item pernyataan mengenai identifikasi bentuk tanggungjawab orangtua dalam menanamkan sikap budi pekerti pada anak usia dini di TK Al Ikhlas Desa Mekar Sari Makmur pada indicator fasilitator, berada pada tingkatan “tinggi” dengan capaian sebesar 82%. frekuensi jawaban responden dari 5 item pernyataan mengenai identifikasi bentuk tanggungjawab orangtua dalam menanamkan sikap budi pekerti pada anak usia dini di TK Al Ikhlas Desa Mekar Sari Makmur pada indicator pembimbing, berada pada tingkatan “tinggi” dengan capaian sebesar 83%. Kesimpulan penelitian ini yaitu identifikasi bentuk tanggungjawab orangtua dalam menanamkan sikap budi pekerti pada anak usia dini di TK Al Ikhlas Desa Mekar Sari Makmur termasuk dalam kategori tinggi dengan besaran porsentase sebesar 80% yang mana nilai tersebut berada dalam rentang interval antara 60-88%. Based on the results of initial observations, researchers at Ikhlas Navy Kindergarten, Mekar Sari Makmur Village stated that some parents of children work as farmers, some children lack respect and even ignore people in their environment, do not want to greet friends when they meet them, sometimes make fun of friends to the point of crossing the line, always have prejudice. bad for his friends, does not want to help friends who need help from. The purpose of this study was to identify the form of parental responsibility in instilling good character in early childhood in AL Ikhlas Kindergarten, Mekar Sari Makmur Village. This type of research is descriptive research with a quantitative approach. with reference to these criteria, the number of samples is 16 children, because the population is less than 100, the sample in this study is the entire population of class B in Kindergarten AL Ikhlas Mekar Sari Makmur Village with a total of 16 children. The results of the study are the percentage of respondents' answers from 5 statement items regarding the identification of forms of parental responsibility in instilling character attitudes in early childhood in Al Ikhlas Kindergarten, Mekar Sari Makmur Village on the educator indicator, at the "high" level with an achievement of 80%. The frequency of respondents' answers from 5 statement items regarding the identification of forms of parental responsibility in instilling character attitudes in early childhood at Al Ikhlas Kindergarten, Mekar Sari Makmur Village on the indicator of motivation (motivation), is at the "high" level with an achievement of 74%. The frequency of respondents' answers from 5 statement items regarding the identification of forms of parental responsibility in instilling character attitudes in early childhood in Al Ikhlas Kindergarten, Mekar Sari Makmur Village on the facilitator indicator, is at the "high" level with an achievement of 82%. The frequency of respondents' answers from 5 statement items regarding the identification of forms of parental responsibility in instilling character attitudes in early childhood at Al Ikhlas Kindergarten, Mekar Sari Makmur Village on the supervisor indicator, is at the "high" level with an achievement of 83%. The conclusion of this study is the identification of the form of parental responsibility in instilling character attitudes in early childhood at Al Ikhlas Kindergarten, Mekar Sari Makmur Village, which is included in the high category with a percentage of 80% where the value is in the interval range between 60-88%.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Identification of the form of parental responsibility in instilling good character
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: NURDIANA
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:55
Last Modified: 15 Jul 2022 02:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37050

Actions (login required)

View Item View Item