Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya SELAMPASOSA ( Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) Di Sekolah Dasar

Amanda, Arry (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya SELAMPASOSA ( Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) Di Sekolah Dasar. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB V-1.pdf

Download (190kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (211kB)
[img] Text
SKRIPSI ARRY AMANDA 7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)

Abstract

Amanda, Arry : “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya SELAMPASOSA (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) di Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing: (1)Drs. H. Syahrial, M. Ed. Ph.D (2) Violita Zahyuni, S.Pd.,M.Pd Kata kunci: implementasi pendidikan karakter, Budaya SELAMPASOSA Berdasarkan tujuan pendidikan nasional, pendidikan di sekolah tidak hanya terkait upaya penguasaan dibidang akademik saja, namun harus diimbangi dengan pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter memalui budaya SELAMPASOSA di SDN 123/VI Sido Rukun Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis kritis. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN 123/VI Sido Rukun. Objek penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter memalui budaya SELAMPASOSA. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter memalui budaya SELAMPASOSA di SDN 123/VI Sido Rukun meliputi : kegiatan rutin terintegrasi dalam kegiatan belajar mengajar yang terlaksana dengan baik, kegiatan spontan ketika peserta didik istirahat terlaksana dengan baik, keteladanan yaitu dari sikap gurup yang ditunjukan kepada peserta didik tergolong sangat baik, pengkondisian dalam kegiatanya tergolong sudah lengkap. Implikasi nilai - nilai karakter dalam budaya SELAMPASOSA meliputi : cinta damai sudah tergolong sangat baik dan peduli sosial dalam pelaksanaanya tergolong sangat baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: AMANDA
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:09
Last Modified: 18 Jul 2022 02:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37072

Actions (login required)

View Item View Item