PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS ABIL PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA

Rahayu, Isnaini Puji (2022) PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS ABIL PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Skripsi Isnaini Puji Rahayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kemampuan argumentasi merupakan salah datu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang penting untuk dikuasai siwa. Kemampuan argumentasi memainkan peran sentral dalam mengembangkan pemahaman siswa terhadap konsep sains, termasuk dalam mata pelajaran kimia yang materinya bersifat kompleks. Sehingga siswa perlu dilatih untuk menguasai kemampuan argumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kevalidan e-modul berbasis ABIL berdasarkan pendapat ahli, kemudian untuk mengetahui bagaimana penilaian guru dan respon siswa terhadap e-modul berbasis ABIL, serta untuk mengetahui bagaimana kemampuan argumentasi siswa setelah menggunakan e-modul berbasis ABIL ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara, angket, soal pretest dan soal posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor jawaban). Hasil dari penelitian ini diperoleh rerata skor dari ahli materi oleh validator 1 dan validator 2 secara berturut-turut yaitu 4,37 (sangat baik) dan 4,4 (sangat baik), sementara rerata skor dari ahli media oleh validator 1 dan validator 2 secara berturut-turut yaitu 4,25 (sangat baik) dan 4,3 (sangat baik). Berdasarkan dari tanggapan dan penilaian kedua guru diperoleh rerata skor 4,4 (sangat baik) dan 4,6 (sangat baik). Kemudian dari respon siswa diperoleh hasil persentase kelayakan sebesar 84,20% (sangat layak). Dan untuk kemampuan argumentasi siswa setelah menggunakan e-modul berbasis ABIL mengalami peningkatan yaitu dari yang hanya mencapai skala 3 meningkat menjadi skala 4. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil analisis penelitian, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis ABIL ini valid menurut pendapat ahli, dan termasuk dalam kategori sangat baik berdasarkan hasil tanggapan kedua guru dan respon siswa, serta dapat meningkatkan kemampuan argumentasi siswa dalam materi larutan penyangga. Kata Kunci: e-modul, ABIL, Larutan Penyangga, Argumentasi

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-modul, ABIL, Larutan Penyangga, Argumentasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Rahayu
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:35
Last Modified: 18 Jul 2022 03:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37224

Actions (login required)

View Item View Item