Upaya Meningkatkan Emosional Anak Usia Dini 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Bernyanyi Lagu Semangat di Tk Orchid Kota Jambi

Siadari, Nensy Upaya Meningkatkan Emosional Anak Usia Dini 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Bernyanyi Lagu Semangat di Tk Orchid Kota Jambi. Fakultas Keguruan UNJA.

[img] Text
Artikel_Penelitan_NensySiadariAIF113021.pdf - Draft Version

Download (333kB)
[img] Text
Artikel_Penelitan_NensySiadariAIF113021.pdf

Download (333kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan emosional anak usia dini melalui kegiatan bernyanyi lagu semangat di TK Orchid Kota Jambi. Penelitian berfokus pada anak TK Orchid Kota jambi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini di kelas B1 TK Orchid Kota Jambi yang berjumlah 13 anak, 7 laki-laki dan 6 perempuan Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas, dengan langkah-langkah pada penelitian tindakan yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, mengobservasi dan melakukan refleksi terhadap hasil akhir kegiatan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus masing-masing 4 kali pertemuan. Data penelitian ini tentang. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi angket dari pengamatan berupa catatan lapangan dan dokumentasi. Peneliti ini dalam pengolahan data berkolaborasi dengan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang telah disediakan dalam setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan perkembangan emosional anak usia dini melalui kegiatan bernyanyi lagu semangat di TK Orchid Kota Jambi yaitu: dari pratindakkan 25% Siklus I pertemuan ke-1 26%, siklus I pertemuan ke-2 28%, siklus I pertemuan ke-3 31%, siklus I pertemuan ke-ke-4 37%. Pada Siklus II peningkatan emosional anak sudah mulai berkembang yaitu pada Siklus II pertemuan ke-1 51%, siklus II pertemuan ke-2 54%, siklus II pertemuan ke-3 57%, siklus II pertemuan ke-4 61%,. Pada Siklus III peningkatan emosional anak sudah menunjukkan peningkatan yang sangat baik sehingga mencapai keberhasilan yaitu pada siklus III pertemuan ke-1 77%, siklus III pertemuan ke-2 79%, siklus III pertemuan ke-3 82% akhirnya Siklus III pertemuan ke-4 melebihi kriteria nilai ketuntasan yaitu 85%.pertemuan ke-4 mencapai 86%. Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan emosional anak usia dini melalui kegiatan bernyanyi lagu semangat di TK Orchid Kota Jambi mengalami peningkatan yang sangat baik melebihi kriteria keberhasilan 85%, maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: NENSY SIADARI
Date Deposited: 15 Mar 2018 04:17
Last Modified: 15 Mar 2018 04:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3737

Actions (login required)

View Item View Item