Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning Sebagai Bahan Ajar Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

Albertus, Sinaga and Hilman, Yusra (2022) Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning Sebagai Bahan Ajar Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. UNJA PUBLISHER.

[img] Text
PROSIDING MAKALAH NASIONAL BINDO(1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Minimnya media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di perguruan tinggi sehingga perlu adanya alternatif pengembangan. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan produk video berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning sebagai pengembangan bahan ajar Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, (2) mendeskripsikan validitas, praktikalitas, dan efektivitas video berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning sebagai pengembangan bahan ajar Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di semester empat tahun ajaran 2020/2021. Teknik yang dilakukan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen untuk mengumpulkan data yakni kuesioner. Teknik yang dilakukan untuk menganalisis data yaitu analisis deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil review bidang pengembangan bahan ajar memperoleh skor 92,67% (berkualifikasi sangat baik), hasil review bidang pembelajaran memperoleh skor 78,54 (berkualifikasi baik), hasil uji coba perorangan memperoleh persentase skor 94,74 (berkulifikasi sangat baik), dan hasil uji kelompok kecil memperoleh persentase skor 91,62%. Jadi pemanfaatan video pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia layak untuk digunakan. Implikasi penelitian ini yaitu media yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman materi Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Hilman Yusra
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:23
Last Modified: 02 Aug 2022 07:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38212

Actions (login required)

View Item View Item