Sari, Kartika and Mukminin, Amirul and Hendra, Robi (2022) Analisis Hasil Belajar Siswa Selama Penerapan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran IPS Di Kelas VII.8 SMP Negeri 12 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
Surat persetujuan.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
Skripsi Kartika Sari.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sari, Kartika. 2022. Analisis Hasil Belajar Siswa Selama Penerapan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran IPS Di Kelas VII.8 SMP Negeri 12 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Prof. Amirul Mukminin, S.Pd., M.Sc. Ed., Ph.D., (II) Robi Hendra, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran daring mata pelajaran IPS di kelas VII.8 SMP Negeri 12 Kota Jambi serta hasil belajar siswa kelas VII.8 pada mata pelajaran IPS selama penerapan pembelajaran daring. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa sejak adanya wabah pandemi covid-19 sistem pembelajaran berubah menjadi pembelajaran jarak jauh, yang membuat proses belajar mengajar tidak efektif dan kondusif, hal ini dapat berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Kota Jambi pada Maret 2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran IPS dan tujuh peserta didik kelas VII.8. Teknik pengumpulan data menggunakan obeservasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan pembelajaran daring mata pelajaran IPS yang dilakukan selama masa pandemi Covid-19 di kelas VII.8 SMP Negeri 12 Kota Jambi sudah terlaksana dengan baik namun masih ada kendala yang dihadapi oleh siswanya. Guru telah mempersiapkan RPP daring, bahan ajar, dan untuk media pembelajaran guru menggunakan aplikasi Zoom, Google Classroom dan whatsapp. Namun pemahaman siswa mengenai cara penggunaan aplikasi masih ada yang tidak paham, dan masih ada yang tidak memiliki handphone. Terkait dengan hasil belajar siswa permasalahannya ada pada siswa yang tidak paham dengan materi pelajaran selama belajar daring. Siswa mengalami kesulitan saat belajar daring dikarenakan keterbatasan akses jarangan internet, hal tersebutlah yang membuat menurunnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII.8 SMP Negeri 12 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Sari |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 07:56 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 07:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38223 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |