Manurung, Paulina (2022) Pegembangan e-Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Koloid Kelas XI SMA/MA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK skripsi.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
bab 1 skripsi.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB V skripsi.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA skripsi.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
SKIPSI PAULINA ERIKA MANURUNG(2).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Manurung, Erika Paulina. 2022. Pengembangan e-Modul Berbasis Saintifik Pada Materi Koloid Kelas XI SMA/MA: Jurusan Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Harizon, M.Si. (II) Dr. Dra. Wilda Syahri, M.Pd. Kata kunci: e-Modul, Saintifik, Model Pengembangan Lee and Owens Mata pelajaran kimia adalah mata pelajaran yang memiliki karakteristik materi yang bersifat abstrak yang didalamnya terdapat konsep, prinsip, hukum, dan teori kimia serta keterkaitanya dengan kehidupan sehari-hari. Pendekatan sainitifk merupakan pendekatan ilmiah yang berlangsung selama proses pembelajaran dengan memalui 5 tahapan sainitifik. Berdasarkan wawancara, angket kebutuhan peserta didik, angket karakter peserta didik didapatkan informasi kurangnya minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran kimia terutama pada materi koloid serta kurangnya alokasi waktu pembelajaran kimia di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Pengembangan e-Modul Berbasis Saintifik Pada Materi Koloid Kelas XI SMA/MA menggunakan teori belajar kognitif dan konstruktivisme. Kemudian, pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pegembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta dinilai oleh gutu yang selanjutnya diujicobakan dalam kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor jawaban dan persentase). Setelah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, produk diujicobakan di Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 5 Kota Jambi. Hasil validasi oleh ahli media dengan rata-rata skor 4,08 dan ahli materi dengan rerata skor 3,92 sehingga dinyatakan bahwa produk layak dan sesuai untuk diujicobakan, sedangkan dari hasil penilaian guru diperoleh hasil sebesar 92,3% dan dikategorikan sangat baik, kemudian hasil penelitian dari angket respon peserta didik menunjukkan presentase 84,8% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Modul Berbasis Saintifik Pada Materi Koloid Kelas XI SMA/MA yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-Modul, Saintifik, Model Pengembangan Lee and Owens |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Manurung |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 07:52 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 07:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |