Kontribusi Penyelenggaraan Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa SMP N 5 Kota Jambi

rio sumatri, setio Kontribusi Penyelenggaraan Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa SMP N 5 Kota Jambi. Kontribusi Penyelenggaraan Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa SMP N 5 Kota Jambi.

[img] Text
Artikel tyo.pdf

Download (62kB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan fenomena yang terjadi di SMP N 5 Kota Jambi bahwa kemauan siswa untuk aktif dalam melaksanakan bimbingan kelompok dengan guru konselor yang ada di SMP N 5 Kota Jambi, program khusus bimbingan kelompok yang dibuat guru konselor dalam menjalankan proses bimbingan dan konseling yagn ada di sekolah sudah terlaksana, dengan adanya bimbingan kelompok memiliki keterkaitan dengan keterampilan siswa. Keterampilan komunikasi siswa sangat berperan dalam prestasi belajar, hal ini tidak sepenuhnya bergantung dalam materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konstribusi layanan bimbingan kelompok terhadap keterampilan siswa kelas VIII SMP N 5 Kota Jambi Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan correlational research ( penelitian korelasi ). Penelitian kuantitatif adalah suatu inti dalam pengujian teori-teori objebtif dengan memeriksa hubungan antar variabel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 79 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, didapat dari hasil untuk data angket bimbingan kelompok Lo (0,0932) < Ltabel (0,0996), sedangkan angket data keterampilan komunikasi didapat Lo (0,0825) < Ltabel (0,0996), uji homogenitas varians yang digunakan adalah uji F dikatakan homogen apabila F hitung < F tabel, berdasarkan analisis data diperoleh F hitung (2,45) < F tabel (3,15) maka berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa data bervariansi homogeny, hasil pengolahan korelasi, maka nilai r = 0,37048 memiliki arti bahwa kontribusi layanan bimbingan kelompok terhadap keteranpilan komunikasi siswa SMP N 5 Kota Jambi termasuk dalam kategori rendah, menggunakan rumus (n-2) 79-2 = 77 pada α = 0,05, untuk uji dua pihak t 0,95 = 1,6649 mudah dilihat bahwa thitung= 3.5000 > ttabel = 1,6649 maka terdapat kontribusi layanan bimbingan kelompok terhadap keterampilan komunikasi siswa SMP N 5 Kota Jambi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi layanan bimbingan kelompok terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas VIII SMP N 5 Kota Jambi

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Setio RIO SUMATRI
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:23
Last Modified: 29 Mar 2018 03:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3891

Actions (login required)

View Item View Item