PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMK NEGERI 2 KOTA JAMBI

HALIMAH, NUR PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMK NEGERI 2 KOTA JAMBI. BIMBINGAN DAN KONSELING. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH indah.pdf

Download (262kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Agresif Siswa Di SMK Negeri 2 Kota Jambi Nama Mahasiswa : Nurhalimah NIM : RRA1E113018 Dosen Pembimbing 1 : Prof. Dr. Hj. Emosda, M.Pd, Kons Dosen Pembimbing 2 : Dr. H. Hendra Sofyan, M.Si Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Perilaku Agresif Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Membuktikan pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku agresif siswa di SMK Negeri 2 Kota Jambi, (2) Mengungkapkan kualitas kecerdasan emosional siswa di SMK Negeri 2 Kota Jambi, (3) Mengungkapkan kualitas perilaku agresif siswa di SMK Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini dibatasi dengan kecerdasan emosional yang meliputi ranah intrapribadi, ranah antarpribadi, ranah penyesuaian diri, ranah pengendalian stress, dan ranah suasana hati umum. Perilaku agresif yang ditunjukkan melalui agresif yang dilakukan secara fisik dan secara verbal. Serta siswa yang diteliti hanya siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost-facto. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kota Jambi yang berjumlah 76 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket dengan alternative jawaban “SS (Sangat Setuju)”, “S (Setuju)”, “RR (Ragu-Ragu)”, “TS (Tidak Setuju)”, dan “STS (Sangat Tidak Setuju)”, sebanyak 63 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, uji signifikansi dengan uji t serta uji koefisien determinan dan teknik persentase. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinan menunjukkan bahwa 30% dari variable perilaku agresif (Y) dipengaruhi oleh variable kecerdasan emosional (X). Nilai koefisien determinasi 30% atau 0,300 ini menunjukkan pengaruh variable X terhadap Y adalah cukup kuat. Variable kecerdasan emosional berada pada kualitas baik (63%). Variable perilaku agresif berada pada kualitas kurang baik (40%).

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NURHALIMAH
Date Deposited: 27 Mar 2018 08:02
Last Modified: 27 Mar 2018 08:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3900

Actions (login required)

View Item View Item