PENGEMBANGAN e-KOMIK BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN CANVA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA

Nababan, Suryani (2022) PENGEMBANGAN e-KOMIK BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN CANVA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (580kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text
COVER 1.pdf

Download (54kB)
[img] Text
SKRIPSI SURYANI BR NABABAN (A1C118093) FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/a

Abstract

Komik merupakan media yang mampu menyampaikan pesan pembelajaran menjadi alternatif pengembangan media pembelajaran di sekolah. Komik terdiri dari beberapa jenis: seperti kartun, komik potongan, buku komik dan komik online. Pada pengembangan kali ini media pembelajaran berupa komik online (e-komik) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media e-komik berbasis pendekatan kontekstual berbantuan canva pada materi larutan penyangga, kelayakan media e-komik berbasis pendekatan kontekstual berbantuan canva pada materi larutan penyangga serta mengetahui bagaimana penilaian guru dan peserta didik dalam pengembangan media e-komik berbasis pendekatan kontekstual. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Hannafin and Pack. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (development) yaitu sebatas uji coba kelompok kecil. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman hasil wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif berupa komentar dan saran serta analisis kuantitatif berupa skor jawaban dan persentase. Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran berupa e-komik kimia atau komik elektronik berbasis pendekatan kontekstual pada materi larutan penyangga, yang telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dengan total skor penilaian masing-masing adalah 92% dan 96% dengan kategori sangat layak, sehingga dapat untuk diuji cobakan. Selanjutnya hasil penilaian dari praktisi, yaitu 93,3% dengan kategori layak, menyatakan media pembelajaran e-komik kimia yang dikembangkan telah sesuai dan baik digunakan. Serta respon peserta didik mendapat persentase sebesar 98,9% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa ekomik kimia ini sangat baik dan sangat layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar pada materi larutan penyangga

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-komik, kimia, kontekstual, larutan penyangga
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: NABABAN
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:56
Last Modified: 07 Sep 2022 03:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39043

Actions (login required)

View Item View Item