SUSANTI, SILVI PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (74kB) |
Abstract
ABSTRAK Susanti, Silvi. 2018. “Pengembangan Media Komik Berbasis Budaya Lokal Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Dra. Hj. Destrinelli, M.Pd (2) Panut Setiono, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Media Komik dan Budaya Lokal Media pembelajaran merupakan sesuatu yang digunakan dalam proses pembelajaran agar dapat membangkitkan pikiran, perasaan, minat dan perhatian peserta didik. Belum banyak komik dimanfaatkan sebagai media belajar, terutama tentang budaya lokal Provinsi Jambi, sementara komik banyak disukai oleh anak- anak. Berdasarkan hal tersebut dapat dikembangkan komik berbasis budaya lokal sebagai media belajar. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan media komik berbasis budaya lokal pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Borg dan Gall. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan dan mengetahui kevalidan, kepraktisan serta kemenarikan media komik berbasis budaya lokal pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini peserta didik kelas IV A SD Negeri 55/I Sridadi. Hasil penelitian dan pengembangan diperoleh melalui validasi media dan pembelajaran, penilaian guru serta tanggapan peserta didik terhadap media komik berbasis budaya lokal. Hasil penelitian ini berupa media komik berbasis budaya lokal pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis dan menarik. Hasil validasi media diperoleh skor rata-rata 3,56 termasuk kategori sangat valid. Hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh skor rata-rata 3,49 termasuk kategori sangat valid. Penilaian dari guru diperileh skor 4 termasuk kategori sangat praktis. Setelah layak diuji coba, maka peneliti menguji cobakan kepada 6 orang peserta didik dengan tingkat kemampuan yang berbeda melalui tanggapan peserta didik diperoleh skor rata-rata 3,48 termasuk kategori sangat menarik. Kesimpulan penelitian dan pengembangan ini adalah media komik berbasis budaya lokal pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV Sekolah Dasar dikembangkan menggunakan prosedur model pengembangan Borg dan Gall dengan tingkat kevalidan media sangat valid dari aspek kelayakan kegrafikan dan kevalidan pembelajaran sangat valid dari aspek kelayakan isi, penyajian dan bahasa. Media komik berbasis budaya lokal sangat praktis dari segi kemudahan dan keterbatuan guru dalam proses pembelajaran. Media komik juga sangat menarik bagi peserta didik dilihat materi, bahasa dan ilustrasi gambar.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SILVI SUSANTI |
Date Deposited: | 28 Mar 2018 09:03 |
Last Modified: | 28 Mar 2018 09:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3918 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |