Sukma, Septian Armika Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Media Monopoli di Kelas IV SDN. 110/I Tenam Kabupaten Batanghari. JURNAL Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Media Monopoli di Kelas IV SDN. 110/I Tenam Kabupaten Batanghari.
![]() |
Text
ARTIKEL-A1D112052.pdf Download (114kB) |
Abstract
ABSTRAK Sukma, Septian Armika. 2018. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Media Monopoli di Kelas IV SDN. 110/I Tenam Kabupaten Batanghari”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Firman Khaidir, M.Si. (2) Panut Setiono, S.Pd. M.Pd. Kata Kunci: Minat Belajar, Media Monopoli Minat belajar adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan mempelajari suatu pelajaran tanpa ada rasa paksaan. Namun minat belajar IPS di kelas IV SDN 110/I Tenam rendah, terbukti dengan hasil pengamatan yang didapat bahwa rasa malas yang timbul dalam diri anak dapat disebabkan pembelajaran IPS yang selama ini diterapkan dikelas tersebut hanya menggunakan metode ceramah saja dan membuat siswa lebih banyak menghafal saja. Yang kedua yaitu kurangnya sarana belajar siswa, seperti buku yang kurang memadai. Siswa hanya memiliki beberapa buku pelajaran di dalam kelas yang efeknya akan menciptakan suasana belajar yang kurang kondusif. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diberikan tindakan berupa penggunaan media monopoli pada pembelajaran IPS agar siswa dapat belajar sambil bermain yang mana diharapkan penggunaan media ini dapat mengurangi rasa bosan dan malas pada siswa. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SDN 110/I Tenam pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di kelas IV di SDN 110/I Tenam pada tanggal 02 Oktober sampai dengan 18 Oktober 2017, dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Untuk memperoleh data penelitian digunakan lembar observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan minat belajar IPS pada siswa, dimana pada observasi awal sebelum diberikan tindakan berupa penggunaan media monopoli, menunjukkan bahwa jumlah siswa yang memiliki predikat Baik hanya sebesar 47,6%. Pada tindakan kelas siklus 1 pertemuan 1 siswa yang mendapat predikat Baik hanya sebesar 73.89% sehingga dilanjutkan pada pertemuan kedua. Pada pertemuan kedua ini siswa yang memiliki predikat sangat Baik sebesar 78.18%. Sehingga rata-rata keberhasilan kelas pada siklus 1 ini mencapai 76,19% yang telah mengalami peningkatan dari observasi awal dan telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 75%. Sehingga penelitian ini dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media monopoli pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN 110/I Tenam. Oleh karena itu, peneliti mengharapkan agar siswa kelas IV dapat mempertahankan minat belajar tersebut, dan para guru dapat menggunakan media-media pembelajaran yang beragam sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan minat belajar siswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SEPTIAN ARMIKA SUKMA |
Date Deposited: | 02 Apr 2018 01:18 |
Last Modified: | 02 Apr 2018 01:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |