Pengembangan e-Modul Materi Koloid Berbasis Problem Based Learning (PBL)

Ginting, Risa Novalina (2022) Pengembangan e-Modul Materi Koloid Berbasis Problem Based Learning (PBL). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text
ABSTRAK RISA.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I RISA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB 5 RISA.pdf

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RISA.pdf

Download (52kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Ginting, Risa Novalina. 2022. “Pengembangan e-Modul Materi Koloid Berbasis Problem Based Learning (PBL)”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Epinur, M.Si. (II) Dr. Drs. Harizon, M.Si. Kata kunci: e-Modul, Problem Based Learning, Koloid Modul merupakan bahan belajar yang disiapkan secara khusus dan dirancang secara sistematis berdasarkan kurikulum tertentu yang dikemas menjadi sebuah unit pembelajaran terkecil (modular) yang digunakan pembelajar secara mandiri untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu yang telah ditetapkan. Modul dapat digunakan untuk pembelajaran mandiri karena didalamnya terdapat petunjuk�petunjuk penggunaan untuk melakukan pembelajaran mandiri. Agar peserta didik dapat melakukan pembelajaran mandiri diperlukan modul yang dapat menarik perhatian dan rasa ingin tahu siswa dalam pelajaran tersebut dan dapat lebih terarah Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Modul materi koloid berbasis Problem Based Learnig (PBL) serta mengetahui kelayakan, penilaian guru dan respon peserta didik terhadap e-Modul materi koloid berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee and Owens yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta dinilai oleh guru kimia yang selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil. Teknik analisi data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata�rata skor jawaban). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian ahli media dan ahli materi terhadap media pembelajaran e-Modul materi koloid berbasis Problem Based Learning memberikan penilaian dengan kriteria “sangat layak” dan dinyatakan sudah layak untuk diujicobakan. Kemudian dari hasil penilain guru kimia memproleh skor 69 dengan rata-rata 4,6 dengan kriteria “sangat layak”. Selanjutnya respon peserta didik (kelompok kecil) dengan skor 675 dengan persentase 90% dengan kriteria “sangat baik” Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-Modul materi koloid berbasis Problem Based Learning (PBL) sudah layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran kimia.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-Modul, Problem Based Learning, Koloid
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: GINTING
Date Deposited: 19 Sep 2022 01:39
Last Modified: 19 Sep 2022 01:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39615

Actions (login required)

View Item View Item