ENGEMBANGAN MEDIA PETA BUDAYA INDONESIA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

pratiwi, lintang ENGEMBANGAN MEDIA PETA BUDAYA INDONESIA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL ENGEMBANGAN MEDIA PETA BUDAYA INDONESIA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (513kB)

Abstract

ABSTRAK Pratiwi, Lintang. 2018. “Pengembangan Media Peta Budaya Indonesia pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Drs. Arsil, M.Pd (2) Akmal Arif, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Pengembangan media peta budaya Indonesia, peta budaya dan Subtema Indahnya Kebersamaan. Berdasarkan observasi penggunaan media pembelajaran saat ini belum bisa dimanfaatkan secara baik. Dikarenakan belum adanya media yang sesuai dengan tema indahnya kebersamaan di kelas IV terutama pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Guru telah menggunakan media gambar. Namun tidak memberikan pengetahuan secara keseluruhan tentang bermacam-macamnya budaya fisik Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Melainkan hanya menjelaskan beberapa budaya daerah tertentu. Sehingga, peneliti melaksanakan upaya pengembangan media peta budaya Indonesia pada tema indahnya kebersamaan di kelas IV SDN 55/I Sridadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Mengetahui kevalidan produk peta budaya Indonesia sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi. Mengetahui kepraktisan produk pengembangan berdasarkan angket guru dan peserta didik terhadap media yang telah dikembangkan. Hasil penelitian ini berupa media peta budaya Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Hasil validasi oleh validator media diperoleh rata-rata 4,6 dalam kategori Sangat Valid. Hasil validasi oleh validator materi diperoleh rata-rata 4,8 dalam kategori Sangat Valid . Setelah layak untuk diuji coba, maka peneliti menguji cobakan kepada 6 orang peserta didik yakni 2 orang berkemampuan tinggi, 2 orang berkemampuan sedang dan 2 orang berkemampuan rendah dengan pengisian angket untuk mengetahui kepraktisan media yang hasilnya setiap siswa memiliki respon positif. Diperoleh hasil rata-rata 4,3 bahwa media sangat mudah digunakan, menarik dan membuat siswa memperoleh pengetahuan tentang berbagai budaya fisik di Indonesia. Hasil angket respon guru diperoleh skor rata-rata 4,7 maka produk ini termasuk dalam kategori “sangat praktis”. Kesimpulan penelitian ini adalah media peta budaya Indonesia layak digunakan sebagai media pada tema indahnya keberagam di kelas IV Sekolah Dasar. Media termasuk dalam kategori sangat valid dan mudah digunakan peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil validasi, serta hasil pengisian angket respon guru dan peserta didik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LINTANG PRATIWI
Date Deposited: 03 Apr 2018 07:32
Last Modified: 03 Apr 2018 07:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3975

Actions (login required)

View Item View Item