Wahyuningtyas, Kurniawati (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL PANGERAN DIPONEGORO KARYA REMY SYLADO SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI YUDISIUM NIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (799kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (476kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) |
Abstract
Pendidikan karakter selalu menjadi perbincangan hangat dalam ranah dunia pendidikan yang memperlihatkan rendahnya nilai nasionalisme, keteladanan, nilai sosial dan kurangnya penanaman nilai karakter peserta didik. Upaya dalam penenaman nilai pendidikan karakter salah satunya melalui mata pelajaran sejarah dengan novel menjadi salah satu sumber belajar, seperti cerita dalam novel Pangeran Diponegoro dengan mencerminkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel dapat menjadi sumber belajar sejarah, sumber referensi dan inspirasi bagi para pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Pangeran Diponegoro karya Remy Sylado dan mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Pangeran Diponegoro karya Remy Sylado sebagai sumber belajar sejarah. Novel Pangeran Diponegoro membahas tentang perlawanan yang dilakukan oleh Pangeran Diponegoro terhadap bangsa barat terutama Belanda. Pangeran Diponegoro selaku tokoh penggerak perlawanan terhadap Belanda dalam mempertaruhkan perang besar yang dikenal dengan Perang Jawa dengan perlawanan massal yang terjadi pada tahun 1825 hingga 1830. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekan deskriptif analisis yang pengumpulan datanya berupa kalimat kutipan dan gambar dalam penyajian laporan. Hasil penelitian ini ditemukan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam novel Pangeran Diponegoro yaitu religius, nasionalisme (cinta tanah air), peduli sosial, budaya, dan tanggung jawab. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai pendidikan karakter dapat dijadikan sebagai sumber belajar sejarah sesuai dengan kaidah dan ketentuan yang dapat dikolaborasikan dalam kompetensi dasar 3.6 Menganalisis peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Novel Pangeran Diponegoro, Sumber Belajar Sejarah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Kurniawati |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 01:42 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 01:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |