PENGARUH BERMAIN PESAN BERANTAI TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BAHASA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARAPAN IBU DESA NILO DINGIN KABUPATEN MERANGIN

ASIAH, NUR (2022) PENGARUH BERMAIN PESAN BERANTAI TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BAHASA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARAPAN IBU DESA NILO DINGIN KABUPATEN MERANGIN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (189kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)

Abstract

ABSTRAK Nur Asiah.2022. “Pengaruh Bermain Pesan Berantai Terhadap Kemampuan Memahami Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Harapan Ibu Desa Nilo Dingin Kabupaten Merangin”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I : Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd, PembimbingII: Rizki Surya Amanda, M.Pd. Kata Kunci: Bermain Pesan Berantai, Kemampuan Memahami Bahasa Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih belum berkembangnya kemampuan memahami bahasa secara optimal. Hal tersebut terlihat ketika pada saat proses pembelajaran, anak masih sulit mengerti perintah yang diberikan guru secara bersamaan, anak kurang mampu meyimak perkataan orang lain, anak sulit menceritakan kembali cerita yang telah di bacakan oleh guru, dan juga terlihat ketika anak sulit membedakan sifat-sifat tokoh yang ada di dalam cerita. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh bermain pesan berantai terhadap kemampuan memahami bahasa pada anak usia 5-6 Tahun di TK Harapan Ibu Desa Nilo Dingin Kabupaten Merangin?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Pengaruh Bermain Pesan Berantai Terhadap Kemampuan Memahami Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Harapan Ibu Desa Nilo Dingin Kabupaten Merangin. Hipotesis penelitian ini yaitu Terdapat pengaruh bermain pesan berantai terhadap kemampuan memahami bahasa pada anak usia 5-6 Tahun di TK Harapan Ibu Desa Nilo Dingin Kabupaten Merangin Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah semua anak kelompok B di TK Harapan Ibu Desa Nilo Dingin Kabupaten Merangin dengan jumlah populasi 33anak, Sampelpenelitian iniberjumlah 33 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampeling. Teknik analisis data menggunakan rumus uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil dan pengolahan data, hasil analisis data diperoleh nilai L hitung untuk data pre test(0.0802 < L Tab 0,1542)dan post test(0.1068 < L Tab 0,1542) berdistribusi Normal. pada taraf signifikansi α = 0,05 maka diperoleh F tabel = 3,32 dan Fhitung 1.34maka Fhitung(1.34) < Ftabel (3,32) maka varian homogeny. nilai presentil pada tabel distribusi – t, untuk taraf nyata α = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = (n – 1) = 32 diperoleh T tabel 1,6939 dan Thitung 10,83. Maka t hitung (10,83) > t tabel (1,6939). Ini berarti terdapat pengaruh bermain pesan berantai terhadap kemampuanmemahami bahasa pada anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Ibu Desa Nilo Dingin Kabupaten Merangin dengan t Hitung> t Tabel. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh bermain pesan berantai terhadap kemampuan memahami bahasa pada anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Ibu Desa Nilo Dingin Kabupaten Merangin. Dengan Kriteria Interprestasi Nilai 2.15 >1.00 terdapat pada kategori sangat kuat (strong effect).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bermain Pesan Berantai, Kemampuan Memahami Bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: ASIAH
Date Deposited: 13 Oct 2022 06:25
Last Modified: 13 Oct 2022 06:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40231

Actions (login required)

View Item View Item