Naiborhu, Rosmauli (2022) PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN MELALUI GERAKAN SENAM DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JMBI.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
Abstract
Perkembangan motorik kasar anak merupakan salah satu aspek perkembangan yang sangat penting, bahwa kemampuan motorik kasar adalah kapasitas individu yang berhubungan dengan kinerja dalam melakukan berbagai keterampilan yang didapatkannya sejak masa kanak-kanak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan motorik kasar anak, upaya persiapan guru, dan perkembangan kemampuan motorik kasar anak di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawamcara, dan catatan lapangan. Analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif, data didapatkan dengan observasi, wawancaea, dan catatan lapangan di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Pelaksanaan penelitian satu bulan yakni Juni-Juli semester genap tahun ajaran 2021/2022. Data perkembangan kemampuan motorik kasar anak usia dini dengan gerakan senam diperoleh dari teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitiannya yakni anak didik TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi Kelas A sebanyak 15 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini yakni Sampling Jenuh. Teknik guna mengumpulkan datanya yakni observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan motorik kasar anak usia dini 4-5 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi belum optimal. Anak-anak memiliki kesulitan dalam sinkronisasi gerakan dan bergerak sesuai irama. (2) Upaya guru dalam mengajak anak-anak di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi untuk melakukan senam telah dilakukan dengan baik. Persiapan guru dilakukan mulai dari melakukan persiapan music serta melakukan penentuan senam yang akan digunakan, meakuakan pengaturan untuk membagi barisan anak, memberikan contoh gerakan senam, mengarahkan senam, serta memperhatikan pergerakan masing-masing anak. (3) Perkembangan kemampuan motorik kasar anak usia dini 4-5 tahun dengan gerakan senam di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi berkembang sesuai harapan. Anak-anak sudah aktif bergerak dan semangat jika terdapat kegiatan lain yang berhubungan dengan bergerak aktif seperti bermain di taman bermain, menari, dan senam irama.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perkembangan motorik kasar anak, senam, anak usia dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | NAIBORHU |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 06:34 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 06:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40342 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |