PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MODUL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PETA KONSEP PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII SMP

Padila, Sari PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MODUL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PETA KONSEP PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII SMP. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MODUL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PETA KONSEP PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII SMP.

[img] Text
ARTIKEL PADILA SARI S.Pd.pdf

Download (332kB)

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MODUL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PETA KONSEP PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII SMP Oleh: Padila Sari S1), Evita Anggereini2), Retni S Budiarti) 1)Mahasiswa Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi 2)DosenPendidikanMatematikaJurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi Dosen Email: 1)Padilasari01@gmail.com Konsep pembelajaran Biologi dalam kurikulum 2013 mengharapkan para guru dalam pembelajarannya di kelas dapat menggunakan strategi yang mampu melibatkan siswa secara aktif di mana pembelajaran disesuaikan dengan tahap perkembangan berfikir siswa, sehingga pembelajaran Biologi nantinya akan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Proses pembelajaran tersebut memerlukan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik kurikulum 2013 yang mengacu pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk pengembangan media pembelajaran berupa modul dengan pendekatan saintifik berbasis peta konsep pada materi ekosistem Kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penilaian modul dilakukan dengan menggunakan instrumen angket yang terbagi dalam empat jenis, yaitu angket untuk ahli validasi media, validasi materi, persepsi siswa, dan angket untuk mengukur persepsi guru. Uji coba modul hasil pengembangan dilakukan di SMP Negeri 5 Kota Jambi dengan menggambil sampel 12 orang siswa secara acak. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ahli media pada validasi I memberikan penilaian sebesar 60% (Baik), dan validasi kedua adalah sebesar 100% (Sangat Baik). Ahli materi telah memberikan penilaian sebanyak 3 kali, yaitu validasi pertama sebesar 33,3% (Kurang Baik), kedua sebesar 80% (Sangat Baik), dan ketiga sebesar 100% (Sangat Baik). Sedangkan melalui satu kali penilaian dua orang guru biologi telah diperoleh angka persepsi sebesar 100% (Sangat Baik). Ujicoba pada siswa dengan kelompok kecil diperoleh angka persepsi sebesar 94,8% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul hasil pengembangan telah layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat diartikan bahwa modul telah sesuai dengan karakteristik siswa, materi, kurikulum dan telah sesuai dengan daya dukung yang dimiliki oleh sekolah. Diharapkan bagi guru Biologi untuk menggunakan modul Biologi berbasis pendekatan saintifik, sehingga siswa lebih aktif dan mandiri dalam belajar Biologi. Kata kunci : Pengembangan Modul, Peta konsep, Pendekatan Saintifik, Biologi Jambi, 2018 Mengetahui dan menyetujui Pembimbing I Pembimbing II Dr. Evita Anggereini,M. Si Retni S Budiarti S. Pd,M. Si NIP. 19670307 199103 2002 NIP. 19690917 199403 2003

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PADILA SARI
Date Deposited: 13 Apr 2018 04:45
Last Modified: 13 Apr 2018 04:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4088

Actions (login required)

View Item View Item