Izzati, Shobrina (2022) KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5 TAHUN KELOMPOK B1 DI TK ISLAM AL-MUTTAQIN KOTA JAMBI. S1 thesis, PG-PAUD.
![]() |
Text
Shobrina Izzati-A1F118063-SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN, HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (288kB) |
Abstract
ABSTRAK Shobrina Izzati. 2022. “ Kemampuan Berbicara Anak Usia 5 Tahun Kelompok B1 Di Tk Islam Al-Muttaqin Kota Jambi ”: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi., Pembimbing (1) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. Pembimbing (2) Uswatul Hasni, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Anak Usia 5-6 Tahun Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun pentingnya kemampuan berbicara seorang anak sesuai dengan perkembangannya. Ideal dalam kemampuan berbicara anak adalah anak dapat mengucapkan kata yang jelas berhubungan dengan urutan kejadian, menggunakan kalimat yang terdiri dari 5 kata, menyampaikan pesan sederhana dan dapat mengulang kalimat yang terdiri dari 9 dan 10 suku kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berbicara anak usia 5 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini yang dipilih adalah guru kelas B1 dan orang tua siswa. Subyek dari penelitian ini adalah anak umur 5 tahun pada kelompok B1 dengan jumlah anak 14 siswa. Dari 14 orang siswa tersebut terdapat 1 orang anak yang diteliti oleh peneliti Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kemampuan berbicara anak usia 5 tahun kelompok B1 di TK Islam Al-Muttaqin anak yang berinisial CV sudah bisa mendeskripsikan kemampuan berbicara seperti mengucapkan kata dengan jelas akan tetapi CV masih mengalami kendala dalam menyusun kalimat sederhana dan CV sudah bisa menjelaskan arti kata sederhana dan menggunakan kata hubung. Kesimpulan dari hasil penelitian ini kemampuan berbicara anak usia 5 tahun harus dipupuk sejak dini, kemampuan berbicara merupakan kemampuan pada tahap awal untuk bisa berkomunikasi dengan baik dan lancar. Sehingga anak sudah lancar menyampaikan sesuatu informasi kepada orang tua dan orang dilingkungannya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | IZZATI |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 06:34 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 06:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41318 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |