PENGEMBANGAN E-MAGAZINE BERBASIS ANDROID PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI POKOK BAHASAN GASTROPODA UNTUK SISWA KELAS X SMA

Putri, Zulhidayati (2022) PENGEMBANGAN E-MAGAZINE BERBASIS ANDROID PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI POKOK BAHASAN GASTROPODA UNTUK SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (838kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (302kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (904kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Putri, Z. P. 2022. Pengembangan E-Magazine Berbasis Android Pada Materi Keanekaragaman Hayati Pokok Bahasan Gastropoda Untuk Siswa Kelas X SMA. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Afreni Hamidah, S.Pt., M.Si., Pembimbing (II) Ali Sadikin, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci : e-magazine, android, gastropoda, media pembelajaran, pengembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang cepat dan dinamis, sehingga pola mencari dan mengumpulkan informasi berubah. penggunaan media pembelajaran berbasis android dapat mempermudah dalam penyampaian materi selama proses pembelajaran. Tujuan dari pengembangan e-magazine berbasis android pada materi keanekaragaman hayati pokok bahasan gastropoda adalah untuk mendeskripsiskan hasil produk, mendeskripsikan kelayakan, mendiskripsikan respon guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tahapan analisis dilakukan analisis kebutuhan, kurikulum, materi, karakteristik siswa, dan media. tahapan desain dilakukan perancangan media dengan menggunakan aplikasi Canva dan HTML5. Tahapan pengembangan dilakukan uji validasi dengan ahli media dan materi. Tahapan implementasi dilakukan pengisian angket respon guru serta ujicoba kelompok kecil dan besar. Tahapan evaluasi dilakukan evaluasi formatif guna kebutuhan revisi maupun perbaikan serta saran oleh ahli materi dan media. Hasil validasi oleh ahli media dengan persentase 96,15% dengan kategori “sangat baik” dan hasil validasi oleh ahli materi dengan persentase 93,57% dengan kategori “sangat baik”. Hasil respon guru memperoleh tanggapan 90,38% dengan kategori “sangat baik”. Pada ujicoba kelompok kecil memperoleh tanggapan 91,25% dengan kategori “sangat baik”, dan pada ujicoba kelompok besar memperoleh tanggapan 91,25% dengan kategori “sangat baik”. Media yang dikembangkan layak dan dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran yang dikembangkan digunakan sebagai sumber belajar dan materi tambahan untuk menambah ilmu pengetahuan khususnya pada materi keanekaragamna hayati.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-magazine, android, gastropoda, media pembelajaran, pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PUTRI
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:51
Last Modified: 12 Dec 2022 03:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41639

Actions (login required)

View Item View Item