HUBUNGAN MODAL SOSIAL DAN

Azzahra, Fadia (2022) HUBUNGAN MODAL SOSIAL DAN. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FADIA AZZAHRA G1C118044 HUBUNGAN MODAL SOSIAL DENGAN EFIKASI DIRI WIRAUSAHA PEMILIK UMKM KOTA JAMBI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (54kB)
[img] Text
PERSETUJUAN, PENGESAHAN, DAN KEASLIAN PENELITIAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)

Abstract

ABSTRAK LATAR BELAKANG: Persentase wirausahawan di Indonesia masih tertinggal dari negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Singapura, Malaysia, Brunei, dan Thailand (GEI,2020). Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini ialah rendahnya keyakinan diri untuk menjadi wirausaha. Modal sosial dipercaya sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi keyakinan diri atau efikasi diri wirausaha sehingga peneliti tertarik untuk meneliti hubungan modal sosial dengan efikasi diri wirausaha. TUJUAN: Untuk melihat hubungan modal sosial dengan efikasi diri wirausaha pemilik UMKM di Kota Jambi. METODE: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis korelasional. Populasi penelitian ini ialah pemilik UMKM di Kota Jambi. Pengambilan sampling menggunakan teknik random sampling dengan sampel sebanyak 381 orang. Instrumen pengumpulan data ialah skala modal sosial dan efikasi diri wirausaha. Analisis data menggunakan Pearson’s Product Moment. HASIL: Ditemukan adanya hubungan positif signifikan antara modal sosial dengan efikasi diri wirausaha pemilik UMKM di Kota Jambi dengan r sebesar 0,559 p value <0.001. Ditemukan hubungan positif signifikan antara apsek struktural dan efikasi diri wirausaha, aspek relasional dengan efikasi diri wirausaha, dan aspek kognitif dengan efikasi diri wirausaha. KESIMPULAN: Terdapat hubungan positif signifikan antara modal sosial dengan efikasi diri wirausaha di mana modal sosial juga memberikan sumbangan efektif terhadap efikasi diri wirausaha sebesar 31%. Kata Kunci: Modal Sosial, Efikasi Diri Wirausaha, wirausaha, UMKM.

Type: Thesis (S1)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: AZZAHRA
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:24
Last Modified: 19 Dec 2022 03:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41771

Actions (login required)

View Item View Item