Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 6 Muaro Jambi

SAPUTRA, ANDI Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 6 Muaro Jambi. BIMBINGAN DAN KONSELING. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH andi.docx

Download (241kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 6 Muaro Jambi Nama : ANDI SAPUTRA Nim : ERA1D011085 Dosen Pembimbing : 1. Prof. Dr. Hj. Emosda, M.Pd. Kons 2. Fadzlul, S.Psi.,M.Psi Hasil temuan awal pada kelas XI IPS 1 dari 23 siswa ada 12 orang siswa yang terlihat kurang berkonsentrasi, dan kurang aktif mengikuti proses pembelajaran. Kemudian pada kelas XI IPS 2 dari 23 siswa ada 12 orang, dan dari kelas XI IPA 1 ada 13 orang dan pada kelas XI IPA 2 ada 13 orang yang terlihat kurang terkebiasaan untuk belajar di kelas. Kondisi yang demikian menunjukkan kurangnya kebiasaan belajar siswa dikarenakan kurangnya percaya diri siswa, kurang disiplin belajar, inisiatif untuk belajar sendiri serta bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan guru. Hal ini tergambar bahwa guru mata pelajaran lain di SMA Negeri 6 Muaro Jambi belum bisa mekebiasaan siswa untuk lebih giat belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian tentang pengaruh ini digunakan untuk melihat apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 6 Muaro Jambi yang akan diteliti berdasarkan angket yang diisi oleh responden. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis pengaruh dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas XI di SMA Negeri 6 Muaro Jambi (sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang). Hipotesis dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap interaksi sosial siswa di kelas XI SMA Negeri 6 Muaro Jambi (thitung > ttabel Ha Diterima). Penelitian ini bersifat hubungan maksudnya adalah mencari pengaruh di antara dua variabel dengan menggunakan teknik analisis pengujian hipotesis yaitu mencari pengaruh antara 2 variabel, variabel X (kebiasaan belajar) dengan Variabel Y (prestasi belajar siswa di SMA Negeri 6 Muaro Jambi). Kesimpulan: Skor hasil angket siswa berkenaan dengan pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 6 Muaro Jambi berdasarkan hasil output pada pembahasan sebelumnya dapat diketahui nilai koefesiensi data pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa thitung = 6,570 dengan nilai signifikasi 0,671  0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh yang nyata (signifikan) variabel kebiasaan belajar terhadap variabel prestasi belajar siswa. Berdasarkan pengolahan data tersebut diperoleh hasil bahwa ada pengaruh signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 6 Muaro Jambi.. Saran: Guru BK sebagai tenaga konselor harus mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif melalui kebiasaan belajar yang baik agar lebih prestasi belajar siswa lebih meningkat, kebiasaan belajar tersebut baik tingkah laku akademik yang berhubungan dengan ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas-tugas belajar, penundaan-penundaan dan hal-hal lain yang mengganggu atau mengalihkan perhatian belajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANDI SAPUTRA
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:02
Last Modified: 26 Apr 2018 02:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4200

Actions (login required)

View Item View Item