IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI MTS DARUL MA'ARIF DESA TANAH PERIUK KABUPATEN BUNGO

Kusmala, Ine and Idrus, Ali and Khaidir, Firman (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI MTS DARUL MA'ARIF DESA TANAH PERIUK KABUPATEN BUNGO. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover skripsi ine 1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI INE.pdf

Download (263kB)
[img] Text
SKRIPSI INE KUSMALA FIX (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI INE.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI INE.pdf

Download (275kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (188kB)

Abstract

Sekolah memiliki posisi digaris paling depan dalam mengemban kewajiban untuk melayani pendidikan masyarakat. Sekolah menjadi komponen lembaga yang memiliki kedaulatan, memiliki kelayakan untuk menggerakkan dirinya sendiri. Manajemen berbasis sekolah (MBS) merupakan suatu pendekatan yang memiliki tujuan demi menciptakan ulang pengelolaan sekolah dengan membagikan kontrol kepada kepala sekolah dan mengembangkan keikutsertaan masyarakat dalam usaha perbaikan kinerja sekolah yang meliputi guru, para siswa, kepala sekolah, orang tua anak didik dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di MTS Darul Ma’arif Desa Tanah Periuk Kabupaten Bungo dan faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis pendekatan pada penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Sample diambil dengan menggunakan purposive sampling dan juga snowball sampling dengan instrumen penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Hurben dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di MTS Darul Ma’arif Desa Tanah Periuk Kabupaten Bungo sesuai dengan rencana dan didukung dengan baik oleh setiap warga sekolah, kemudian evaluasi MBS yang menunjukkan adanya keterbukaan atau trasnparansi keuangan dan dampak yang baik untuk siswa. Faktor pendukung ialah adanya program sekolah, sistem demokrasi, komitmen dan profesionalitas. Faktor penghambat ialah keterbatasan pengetahuan tenaga penndidik, pengaruh Diknas, kurangnya sarana dan prasarana serta kurangnya kesadaran orang tua siswa dalam mengontrol anak.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Kusmala
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:28
Last Modified: 16 Dec 2022 03:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42289

Actions (login required)

View Item View Item