PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KESADARAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) MELALUI PERILAKU MENCUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA SISWA SUKU ANAK DALAM DI SEKOLAH HALOM PUTRI TIJAH TAHUN 2022

PITRIYANTI, SELI (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KESADARAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) MELALUI PERILAKU MENCUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA SISWA SUKU ANAK DALAM DI SEKOLAH HALOM PUTRI TIJAH TAHUN 2022. S1 thesis, Ilmu Kesehatan Masyarakat.

[img] Text
SKRIPSI_Seli Pitriyanti_N1A118073.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (98kB)
[img] Text
lembar persetujuan seli.pdf

Download (374kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang: Penelitian ini dilatar belakangi seberapa penting peran guru dalam meningkatkan kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat disekolah suku anak dalam. Dengan pembiasaan yang dilakukan di sekolah ini guru berharap agar anak didik dapat menjaga hidup bersih dan sehat dengan mandiri dimanapun mereka berada. Salah satu faktor yang memengaruhi rendahnya derajat kesehatan di Indonesia adalah penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang belum baik, termasuk di lingkungan sekolah. Maka dari itu perlu dilakukan upaya dalam meningkatkan kesadaran perilaku terkait penerapan PHBS di sekolah melalui peran guru di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran karekteristik guru (2) untuk mengetahui peran guru sebagai fasilitator, pembimbing, penyedia lingkungan, model(contoh), agen perkembangan kognitif, dan manajer dalam meningkatkan kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui perilaku mencuci tangan pakai sabun pada siswa suku anak di sekolah halom putri tijah. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul semua proses selanjutnya yaitu menganalisis data yang telah diperoleh ketika observasi dilapangan yaitu teknik pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 7orang, di mana informan terbagi menjadi 2 orang guru, 2 siswa dan 3 orang tua. Hasil: Hasil penelitian menunjukan peran guru dalam meningkatkan kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui perilaku mencuci tangan pakai sabun pada siswa suku anak dalam di sekolah halom putri tijah yaitu sudah berjalan dengan baik. Peran guru disini yaitu meningkatkan kesadaran perilaku selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan menggunakan air mengalir dan sabun, meningkatkan kesadaran anak untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, buang air kecil dan baung air besar di kamar mandi dan kesadaran berpakaian rapih dna bersih. Peran guru di sini sangat berperan penting agar anak dapat meningkatkan kesadaran hidup bersih dna sehat dimanapun mereka berada Kesimpulan: Peran guru dalam meningkatkan kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui perilaku mencuci tangan pakai sabun dapat menjadi model atau contoh untuk siswa suku anak dalam dalam peningkatan kesadaran dalam hidup bersih dan sehat upaya menjaga kesehatan di sekolah maupun di rumah. Kata Kunci : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Peran Guru, Siswa Suku Anak Dalam.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Pitriyanti
Date Deposited: 16 Dec 2022 02:30
Last Modified: 16 Dec 2022 02:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42503

Actions (login required)

View Item View Item