ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI REDOKS KELAS X MIPA SMAN 1 KOTA JAMBI

Yuliana, Ririn Eka ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI REDOKS KELAS X MIPA SMAN 1 KOTA JAMBI. analisis keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pengaruhnya terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi redoks kelas x mipa sman 1 kota jambi.

[img] Text
artikelll.pdf

Download (407kB)

Abstract

ABSTRAK Yuliana, Ririn Eka. 2018. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Redoks Kelas X MIPA SMAN 1 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Drs. Abu Bakar, M.Pd, Pembimbing II: Drs. Haryanto, M.Kes Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Literasi Sains dan Redoks. Berdasarkan kurikulum 2013, penguatan pola pembelajaran berpusat pada siswa. Siswa diharapkan mampu mengkonstruksikan pemikirannya sendiri berdasarkan pola pembelajaran bermakna dengan literasi sains. Salah satu model yang mampu mengembangkan kemampuan literasi sains siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model inkuiri terbimbing dan pengaruhnya terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi redoks kelas X MIPA SMAN 1 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory ( model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive sampling yaitu kelas X MIPA 6. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model inkuiri terbimbing baik dari guru maupun siswa dan soal tes essay kemampuan literasi sains siswa. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kemampuan literasi sains siswa dilakukan uji korelasi produk moment dan uji koefisien determinasi. Keterlakasanaan model inkuiri terbimbing oleh siswa sebesar 70,56 % dikategorikan baik, dan persentase kemampuan literasi sains siswa sebesar 70,18 % dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model inkuiri terbimbing dengan kemampuan literasi sains diperoleh rxy = 0,42 dengan tingkat hubungan sedang. Uji koefisien determinasi didapatkan hasil 17,64 % yang berarti sebesar 17,64 % model inkuiri terbimbing mempengaruhi kemampuan literasi sains. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berjalan dengan baik dan berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi redoks di kelas X MIPA 6 SMAN 1 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RIRIN EKA YULIANA
Date Deposited: 28 May 2018 00:43
Last Modified: 28 May 2018 00:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4290

Actions (login required)

View Item View Item