SUPIYARTO, SUPIYARTO MEDIA BARUNGCA-5-1 PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR. JURNAL MEDIA BARUNGCA-5-1 PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR.
![]() |
Text
ARTIKEL MEDIA BARUNGCA_SUPIYARTO.pdf Download (137kB) |
Abstract
ABSTRAK Supiyarto. 2018. Media Barungca-5-1 Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Andi Suhandi, S.Pd, M.Pd.I, (II) Hendra Budiono, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: media, sifat-sifat cahaya, problem based learning Media pembelajaran merupakan suatu perantara yang digunakan guru untuk mempermudah penyampaian konsep materi kepada siswa. Media memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran, selain dapat membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran, media juga dapat menarik perhatian siswa. Perlu adanya pengembangan media dengan menciptakan media yang menarik yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media barungca-5-1 pada materi sifat-sifat cahaya dalam model pembelajaran problem based learning yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan subjek penelitian siswa kelas VB SD Negeri 34/I Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, Provinsi Jambi. Hasil penelitian dan pengembangan diperoleh melalui validasi media, validasi pembelajaran, dan validasi materi. Kepraktisan media diperoleh dari angket respon guru dan siswa serta keefektifan media diperoleh dari hasil belajar siswa setelah menggunakan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validasi oleh validator media diperoleh skor Rerata 4,76 dengan kategori sangat valid, dan validator materi 4,25 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media dari respon guru 4,62 kategori sangat praktis, respon siswa 4,52 kategori sangat praktis, dan keefektifan media diperoleh kategori cukup efektif dengan persentase keefektifan 68%. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, dapat disimpulkan bahwa media barungca-5-1 pada materi sifat-sifat cahaya dalam model pembelajaran problem based learning dapat menerapkan lima sifat-sifat cahaya. Media termasuk dalam kategori sangat valid, sangat praktis, dan cukup efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SUPIYARTO |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 00:44 |
Last Modified: | 04 Jun 2018 00:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4365 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |