Analisis Pelaksanaan Pembelajaran PPKn dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Kerinci

Sartika, Welli (2023) Analisis Pelaksanaan Pembelajaran PPKn dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Kerinci. S1 thesis, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

[img] Text
SKRIPSI WELLI SIDANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (91kB)
[img] Text
persetujuan, pengesahan.pdf

Download (236kB)

Abstract

ABSTRAK Sartika, Welli. 2022. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran PPKn Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Kerinci: Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Drs. M. Salam, M.Si. (2) Dona Sariani S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Pembentukan Karakter, Pembelajaran PPKn Penelitian ini dilatarbelakangi banyak sekali ditemukan lemahnya etika pada siswa saat ini, rusaknya moral siswa dapat dilihat dari cara siswa yang acuh tak acuh dalam setiap kegiatan disekolah, siswa yang sudah tidak saling menghargai dengan sering berkata kotor disesama teman, tidak mendengarkan nasihat guru dan tidak lagi mencerminkan karakter baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pelaksanaan Pembelajaran PPKn Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Kerinci. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 17 Kerinci pada Juni 2022. Data penelitian diperoleh dengan cara wawancara dengan guru dan siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter siswa dari kelima nilai karakter yaitu religius, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas. Pertama, religius, pembentukan karakter religius dikelas VII dalam pembelajaran PPKn, guru sudah melaksanakan dengan baik dengan menerapkan selalu membaca do’a sebelum belajar. Kedua, nasionalisme, guru sudah menerapkan sikap peduli dengan sebaik mungkin kepada siswa dengan selalu mengajarkan seperti menjaga lingkungan sekolah agar tetap indah, akan tetapi masih banyak siswa yang belum menerapkannya dalam lingkungan sekolah. Ketiga, kemandirian, guru sudah menerapkan sikap mandiri pun juga sudah menanamkan sikap mandiri dalam pembelajaran seperti mengerjakan tugas masing-masing harus diselesaikan secara mandiri. Tetapi siswa kurang menanamkan sikap kemandirian itu dengan baik. Kempat, gotong royong, guru sudah cukup baik menamkan nilai gotong royong dalam pembelajaran dengan cara selalu memberi arahan dan contoh yang baik dalam menghargai pendapat sesama teman, akan tetapi siswa nampaknya juga kurang memperhatikan apa yang diterapkan. Kelima, integritas, guru juga sudah menerapkan dalam kehidupan disekolah kepada siswa akan tetapi sikap jujur itu bukan diajarkan dari guru saja tetapi juga dari kesadaran dalam diri seorang siswa itu sendiri. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Pelaksanaan Pembelajaran PPKn Dalam Pembentukan karakter Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Kerinci belum sepenuhnya berjalan dengan baik, hal itu dikarenakan belum efektifnya pelaksanaan Pembentukan Karakter dikelas VII dikarenakan masih banyak siswa yang belum menerapkan kelima nilai karakter tersebut. disarankan kedepannya guru sebaiknya menanamkan kelima karakter tersebut dengan mengajak siswa lebih lagi dari sebelumnya agar siswa dapat lebih mengerti dan memahami bahwa pentingnya karakter baik yang dimiliki oleh siswa untuk diri sendiri maupun berada dilingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sartika
Date Deposited: 06 Jan 2023 02:31
Last Modified: 06 Jan 2023 02:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43653

Actions (login required)

View Item View Item