MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS V SEKOLAH DASAR

YENI, WERY RAHMA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS V SEKOLAH DASAR. JURNAL MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS V SEKOLAH DASAR.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (316kB)

Abstract

ABSTRAK Yeni, Wery Rahma. 2018. Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Andi Suhandi, S.Pd, M.Pd.I., (II) Irma Zurika Hardesi, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Quantum Teaching Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep siswa di kelas V B SD Negeri 80/I Muara Bulian yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang kurang memaksimalkan keterlibatan langsung siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA menggunakan model Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan model penelitian Kemmis dan Taggart berbentuk spiral dari siklus satu ke siklus berikutnya dengan 4 tahap yaitu tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi dengan subjek penelitian siswa kelas V B SD Negeri 80/I Muara Bulian. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi. Data hasil tes dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data hasil observasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tindakan menggunakan model Quantum Teaching menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA. Pada kondisi awal nilai rata-rata siswa adalah 58,4, pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 62,53. Kemudian setelah dilakukan perbaikan, pada tindakan siklus II meningkat menjadi 73. Sebelum dilaksanakan penelitian siswa yang memperoleh nilai lebih dari sama dengan 70 sebanyak 7 siswa (33%). Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai lebih dari sama dengan 70 sebanyak 9 siswa (41%) dan meningkat pada siklus II menjadi 16 siswa (73%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa di kelas V B SD Negeri 80/I Muara Bulian sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran IPA. Dengan demikian disarankan kepada guru untuk dapat menerapkan model Quantum Teaching sebagai model yang mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WERY RAHMA YENI
Date Deposited: 04 Jun 2018 00:44
Last Modified: 04 Jun 2018 00:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4367

Actions (login required)

View Item View Item