Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 13/I Rengas Condong

Sukmawati,, Hamidah Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 13/I Rengas Condong. JURNAL Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 13/I Rengas Condong.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (254kB)

Abstract

ABSTRAK Sukmawati, Hamidah. 2018. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 13/I Rengas Condong. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd, (II) Panut Setiono, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas V D SDN 13/I Rengas Condong masih kurang dan perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti melihat dan menemukan masalah dalam proses pembelajaran IPS yaitu, siswa tidak mampu menganalisis permasalahan yang diberikan oleh guru, pemahaman yang dimiliki siswa masih rendah, siswa sudah mampu bertanya tetapi dalam tingkat rendah, siswa masih kesulitan dalam menyimpulkan pembelajaran dan lambat dalam memahami informasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPS. Kemampuan berpikir kritis yang diteliti meliputi indikator menganalisis masalah, mencari informasi, mengkomunikasikan /menyajikan masalah, memberikan pendapat tentang topik masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan enam tindakan. Penelitian ini dilaksanakan dengan empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada saat proses kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini berupa tes dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS. Nilai tes rata-rata kemampuan berpikir kritis pada siklus I diperoleh 67,55%, siklus II diperoleh 80,05%. Untuk keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri pada siklus I diperoleh rata-rata 72,49%, dan pada siklus II diperoleh 79,44%. Berdasarkan temuan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan presentase kemampuan berpikir kritis siswa sudah mencapai 70% sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPS mengalami peningkatan. Dalam penggunaan model inkuiri sebaiknya langkah-langkah pembelajaran harus dipertegas lagi sehingga siswa dapat memahami pembelajaran dengan baik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HAMIDAH SUKMAWATI
Date Deposited: 04 Jun 2018 00:44
Last Modified: 04 Jun 2018 00:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4370

Actions (login required)

View Item View Item