PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR

ROZA, DELVIA PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR. JURNAL PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI 2.pdf

Download (448kB)

Abstract

ABSTRAK Roza, Delvia. 2018. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Religius Di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Drs. H Eko Kuntarto, M. Pd, M.Comp.Eng., (II) Ahmad Hariandi, S. Pd I, M. Ag. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Karakter Religius. Karakter religius merupakan salah satu nilai dalam pendidikan karakter dan menjadi nilai dasar atau utama. Berdasarkan hasil observasi di SD IT Aulia Muara Bulian , sudah berbagai program kegiatan yang dirancang dan dilaksanakan untuk membentuk anak didiknya memiliki karakter religius yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru tentang pentingnya pendidikan karakter religius di sekolah dasar dan mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter religius di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berupa kegiatan pelaksanaan pendidikan karakter religius di Sekolah Dasar yang dilaksanakan oleh guru dan siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Milles and Huberman yaitu reduksi data, display data, dan verfikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter religius di SD IT Aulia Muara bulian terkait indikator untuk pelaksanaan pendidikan karakter religius itu sendiri diintegrasikan dalam program pengembangan diri yang meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Selanjutnya diintegrasikan dalam mata pelajaran yang dicantumkan di dalam silabus, RPP, dan di dalam kegiatan pembelajaran. Kemudian diintegrasikan dalam budaya sekolah yang meliputi budaya kelas, sekolah, dan di luar sekolah.. Berdasarkan visi misi utama sekolah ini membentuk peserta didik yang taqwa dan berakhalakul karimah dengan meningkatkan kegiatan-kegiatan yang mengandung unsur keagamaan. Sekolah ini juga sangat mendukung kurikulum 2013 yang lebih menekankan kepada aspek sikap atau bisa juga disebut dengan karakter, ini dibuktikan dari sekolah menggunakan kurikulum 2013 revisi 2017. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa SD IT Aulia Muara Bulian merupakan sekolah dasar yang mencerminkan karakter religius yang tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari pandangan guru tentang pentingnya pendidikan karakter religius dan juga dibuktikan dari pelaksanaan pendidikan karakter religius di sekolah tersebut.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DELVIA ROZA
Date Deposited: 05 Jun 2018 02:05
Last Modified: 05 Jun 2018 02:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4383

Actions (login required)

View Item View Item