NURHIDAYATI, RIZKI MENINGKATKAT KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS V SD. JURNAL MENINGKATKAT KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS V SD.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (196kB) |
Abstract
ABSTRAK Nurhidayati, Rizki. 2018. Meningkatkan Keterampilan komunikasi Pada Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Discovery Learning di Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Andi Suhandi, S.Pd., M.Pd.I (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : keterampilan komunikasi, model discovery laeaning Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran IPA melalui model discovery learning di kelas V di SD Iqra tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SD Iqro pada Januari 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi (sebagai data utama) dan dokumentasi (sebagai data penunjang). setelah data dikumpulkan melalui observasi, data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa yang difokuskan pada keterampilan komunikasi kelas V SD Iqro Muara Bulian. Berdasarkan lembar observasi keterampilan komunikasi siswa menunjukkan adanya peningkatan, dengan hasil persentase siklus 1 sebesar 55,47% dengan kangan kategori cukup baik, pada siklus II sebesar 75% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa meningkatkan keterampilan komunikasi pada siswa dalam pembelajaran IPA melalui model discovery learning SD Iqro dapat meningkat setelah diterapkan model discovery learning.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RIZKI NURHIDAYATI |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 04:30 |
Last Modified: | 05 Jun 2018 04:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4398 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |