Mentari, Fenti (2022) PENGARUH PERMAINAN TAPAK JEJAK KAKI TANGAN TERHADAP MOTORIK KASAR ANAK USIA 5–6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA II KOTA JAMBI. S1 thesis, PG PAUD.
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
Revisi_Fenti Mentari_A1F118060_11jan23.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Mentari Fenti. 2022. “Pengaruh Permainan Tapak Jejak Kaki Tangan Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina II Kota Jambi”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi., Pembimbing (1) Dr. Indryani, S.Pd,. M.Pd.I (2) Dr. Mohamad Muspawi S. Pd.I., M.Pd.I. Kata Kunci : Perkembangan Motorik Kasar, Permainan Tapak Jejak Kaki Tangan. Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kemampuan perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun yang masih kurang berkembang. Hal ini dibuktikan dari temuan awal yaitu pada saat proses senam masih ada anak menolak melakukan gerak melompat sesuai instruksi oleh guru dan ada beberapa yang kesulitan dalam mempertahakan keseimbangan. Dalam hal ini ada beberapa masalah terkait perkembangan motorik kasar yang harus dibenahi sehingga motorik kasar anak dapat berkembang dengan baik. Berdasarkan permasalahan yang telah peneliti jelaskan diatas dapat dirumuskan apakah terdapat pengaruh permainan tapak jejek kaki tangan terhadap motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tapak jejek kaki tangan terhadap motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan adalah Pre-Eksprimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi sampel penelitiannya anak kelompok B kelas B3 dengan jumlah anak sebanyak 20 anak. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling purposive. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas Dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengembangan motorik kasar anak melalui permainan tapak jejak kaki dapat disimpulkan bahwa permainan tapak jejak kaki tersebut sangat berpengaruh besar terhadap motorik kasar anak, karena permainan tapak jejak kaki dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Hal ini terbukti dari hasil nilai nilai sig (0,000) < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motorik kasar anak antara saat pre-test dan saat post-test.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | MENTARI |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 07:50 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 07:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44027 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |