YAFIZAHRAN, DAFFA (2023) HUBUNGAN LAMA WAKTU DAN FREKUENSI BERMAIN GAME ONLINE PADA SMARTPHONE DENGAN KELUHAN SUBJEKTIF CARPAL TUNNEL SYNDROME PADA SISWA KELAS XI DI SMAN 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, Kedokteran.
![]() |
Text
FULLSKRIPSI.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER003.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
pengeasahan005.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
BAB1.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
KESIMPULANDANBABV.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
DAFTARPUSTAKA.pdf Download (302kB) |
Abstract
ABSTRAK Latar belakang: Smartphone saat ini bukan hanya digunakan untuk menelfon maupun mengirimkan pesan elektronik tetapi bisa juga digunakan untuk bermain game online. Hal tersebut menarik perhatian banyak orang terutama remaja usia 15-19 tahun, Smartphone yang dipakai secara terus menerus dengan menggunakan jari-jari untuk mengklik, geser, gulir, ketuk dan tekan akan meningkatkan tekanan pada nervus medianus dan berisiko menyebabkan terjadinya carpal tunnel syndrome. Tujuan: Mengetahui hubungan antara lama waktu dan frekuensi bermain game online pada smartphone dengan keluhan subjektif carpal tunnel syndrome pada siswa kelas XI SMAN 4 Kota Jambi. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan desain cross sectional. Responden terdiri dari 75 siswa kelas XI SMAN 4 Kota Jambi yang bermain game online pada smartphone dan diambil dengan metode purposive sampling serta telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data lama waktu dan frekuensi bermain game online pada smartphone serta keluhan subjektif Carpal tunnel syndrome dinilai menggunakan kuisioner. Analisis hubungan antara dua variabel diuji dengan uji chi-square dan diolah dengan SPSS versi 25. Hasil: Hasil penelitian didapatkan adanya hubungan yang signifikan antara lama waktu bermain game online pada smartphone dengan keluhan subjektif carpal tunnel syndrome (p = 0,001), dan juga didapatkan hubungan yang signifikan antara frekuensi bermain game online pada smartphone dengan keluhan subjektif carpal tunnel syndrome (p = 0,002). Kesimpulan: Semakin lama dan sering seseorang bermain game online pada smartphone maka akan meningkatkan terjadinya keluhan subjektif carpal tunnel syndrom pada siswa kelas XI SMAN 4 Kota Jambi. Kata kunci: game online pada smartphone, CTS
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Kedokteran |
Depositing User: | YAFIZAHRAN |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 08:11 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 08:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |