KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 5 JUJUHAN KABUPATEN BUNGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SANUSI, SANUSI KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 5 JUJUHAN KABUPATEN BUNGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. JURNAL KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 5 JUJUHAN KABUPATEN BUNGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

[img] Text
artikel.pdf

Download (176kB)

Abstract

ABSTRAK Sanusi. 2018. Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 5 Jujuhan Kabupaten bungo Tahun Pelajaran 2017/2018: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd., (II) Drs. Andiopenta Purba, M.Hum. M.Div. Kata kunci: Kemampuan, Menulis Teks Berita Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Jujuhan Kabupaten Bungo. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dipakai untuk mengunakan kaidah-kaidah dan cara menulis yang baik, sehingga apa yang ditulis dapat dimengerti dengan baik oleh pembaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskritif. Jumlah subjek yang digunakan adalah 23 siswa yang diambil dari siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Jujuhan Kabupaten Bungo. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis teks berita. Indikator yang dinilai dari berita ini adalah (1) kesesuaian judul dengan isi, (2) penerapan unsur berita, (3) kepaduan, (4) mengunakan kalimat efektif, (5) pilihan kata/diksi, (6) ketepatan ejaan, (7) tampilan. Teknik analisis data penelitian ini adalah dengan mengunakan metode deksritif dengan teknik presentase. Teknik menganalisis data yang dilakukan adalah: (1) nilai satu persatu tulisan siswa yang dinilai P1 dan P2, (2) hasil tulisan siswa dianalisis berdasarkan indikator Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara umum kemampuan menulis teks berita sesuai dengan aspek: berada pada kategori “cukup mampu” dengan nilai rata-rata 69,6. Rincian pada indikator penulisan berita antara lain: (1) kesesuaian antara judul dengan isi 70 “cukup mampu”, (2) menentukan unsur-unsur berita (apa, siapa kapan, dimana, mengapa dan bagaimana) 79,13 “mampu”, (3) kepaduan 68,26 “cukup mampu”, (4) kalimat efektif (kompak, paralel, hemat, cermat, padu dan logis) 67,82 “cukup mampu” (5) pilihan kata/diksi (baku, lazim, tidak bertele-tele dan tidak membingungkan) 66,8 “cukup mampu”, (6) ketepatan ejaan 63,4 “cukup mampu” (7) tampilan 69,13 “cukup mampu”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Jujuhan Kabupaten Bungo di kategori cukup mampu karena dapat dilihat dari nilai rata-rata 69,6. Guru harus mempunyai banyak strategi yang baik dari yang telah sudah agar bisa memdapat nilai lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 5 Jujuhan Kabupaten Bungo untuk meningkatkan pengajaran tentang menulis teks berita terutama pada penerapan penggunaan kalimat, penulisan kata dan pemakain tanda baca.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SANUSI
Date Deposited: 06 Jun 2018 01:01
Last Modified: 06 Jun 2018 01:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4420

Actions (login required)

View Item View Item