YANI, TETY ANDRI PENGEMBANGAN MEDIA CORONG BERHITUNG PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN CACAH DI KELAS II SEKOLAH DASAR. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA CORONG BERHITUNG PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN CACAH DI KELAS II SEKOLAH DASAR.
![]() |
Text
artikel ilmiah tety andri yani (1).pdf Download (748kB) |
Abstract
ABSTRAK Yani,Tety,Andri. 2018. Pengembangan Media Corong Behitung Pada Materi Operasi Hitung Pekalian dan Pembagian Bilangan Cacah di Kelas II Sekolah Dasar. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing I (1) Dra. Hj. Desrinelli, M.Pd (2) Suci Hayati, M.Pd. Kata Kunci: Media, Corong Berhitung, Perkalian dan Pembagian Penggunaan media dalam pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian sangat dibutuhkan sedangkan media yang ada di sekolah untuk materi tersebut hanya berupa gambar. Media yang digunakan belum dapat menyampaikan konsep perkalian dan pembagian dengan baik kepada siswa. media corong berhitung sudah terdapat di sebagian sekolah akan tetapi media ini hanya dapat digunakan dalam perkalian sedangkan untuk pembagian belum dapat digunakan. Maka media ini akan dikembangkan pada materi perkalian dan pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan dan menghasilkan produk berupa media corong berhitung yang valid, dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini model pengembanagan ADDIE yang terdiri 5 tahapan pengembangan yaitu, Analysis (Analsis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu 6 orang siswa kelas II SD Negeri 198/I Pasar Baru. Hasil penelitian menunjukkan uji kevalidan media termasuk kategori sangat valid, dengan nilai persentase 100% oleh ahli media dari 8 indikator yaitu jelas dan rapi, bersih dan menarik, cocok dengan sasaran, relevan dengan topik yang diajarkan, sesuai dengan tujuan pembelajaran, praktis, luwes dan tahan, berkualitas baik, serta ukuran sesuai dengan lingkungan belajar dan persentase 96,66% oleh ahli pembelajaran dari 9 indikator yaitu kelengkapan materi, kedalaman materi, keluasan materi, kuakuratan konsep, keruntutan penyajian, contoh dalam penyajian, ilustrasi dalam penyajian, keterlibatan peserta didik, kesesuaian dengan tingkat perkembangan berfikir siswa. Tingkat kepraktisan media diperoleh dari wawancara terhadap guru dan siswa, yang mana dari hasil wawancara tentang media dengan menggunakan 6 pertanyaan terhadap guru dan 6 pertanyaan terhadap siswa semua pertanyaan yang diajukan mendapatkan respon yang positif tentang media corong berhitung yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa media corong berhitung pada materi perkalian dan pembagian bilangan cacah kelas II Sekolah Dasar termasuk pada kategori sangat valid, dan sangat praktis.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | TETY ANDRI YANI |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 06:52 |
Last Modified: | 06 Jun 2018 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4478 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |