Firda Yulizha, Annisa (2023) Pemetaan Penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi Pada Peserta Didik Kelas Tinggi dengan Menggunakan Pendekatan Uses And Gratification Theory di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (483kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (813kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
Annisa Firda Yulizha_Pemetaan Penggunaan TIK Pada Peserta Didik Kelas Tinggi dengan Menggunakan Pendekatan UGT di SD.pdf Download (1MB) |
Abstract
Yulizha, Annisa Firda. 2023. Pemetaan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Peserta Didik Kelas Tinggi dengan Menggunakan Pendekatan Use and Gratification Theory di Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Sofwan, S.Pd., M.Pd., (II) Akhmad Habibi, Ph.D., Kata Kunci : TIK, UGT, Pemetaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan TIK pada peserta didik kelas tinggi dengan mengintegrasikan pendekatan UGT. Penelitian ini dilakukan di SDN 47/IV Kota Jambi pada tanggal 2 November sampai 17 November 2022 selama 14 hari dengan jumlah responden 140 peserta didik. Data penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada peserta didik, setelah angket dikembalikan data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan use and gratification theory valid untuk menjelaskan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi serta komponen UGT yang terdiri dari kebutuhan kognitif, afektif dan sosial mempengaruhi penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Komponen UGT yang paling berpengaruh dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di sekolah dasar adalah kebutuhan sosial dengan rata-rata loading factor 3,186. Peserta didik menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan kebutuhannya, dari measurement model dan output yang dihasilkan menunjukkan bahwa UGT valid untuk menjelaskan pengaruh penggunaan teknologi dengan nilai cronbach alfa dan composite realibility diatas 0,5. Ketiga hipotesis yang diajukan peneliti menghasilkan pengaruh yang signifikan dengan t value lebih besar dari 1,96 dimana hipotesis pertama kebutuhan afektif mempengaruhi penggunaan teknologi informasi dengan nilai t statistik adalah 3,186 ≥ 1,96. Hipotesis yang kedua kebutuhan kognitif mempengaruhi penggunaan teknologi informasi dengan nilai t statistik adalah 2,583 ≥ 1,96 dan kebutuhan sosial mempengaruhi penggunaan teknologi informasi dengan nilai t statistik adalah 3,316 ≥ 1,96. Dari hasil penelitian ini disarankan guru dapat memaksimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TIK, UGT, Pemetaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Yulizha |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 02:43 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 02:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45047 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |