PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA BUKU PENGAYAAN BIOLOGI BERBASIS MIND MAP PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

Veronika, Yunita PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA BUKU PENGAYAAN BIOLOGI BERBASIS MIND MAP PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA BUKU PENGAYAAN BIOLOGI BERBASIS MIND MAP PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI.

[img] Text
Artikel Yunita Veronika (RRA1C412036).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Veronika, Yunita. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buku Pengayaan Biologi Berbasis Mind Map pada Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 11 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Afreni Hamidah, S.Pt.,M.Si. (2) Retni S. Budiarti, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Buku Pengayaan Biologi, Mind Map, Sistem Pernapasan Manusia. Biologi merupakan bagian dari sains yang mengkaji tentang makhluk hidup dan lingkungannya. Dalam suatu proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran biologi dibutuhkan media pembelajaran. Hasil wawancara pada analisis materi terhadap siswa Kelas XI MIA di SMA Negeri 11 Kota Jambi, diperoleh data bahwa terdapat siswa yang mengalami kesulitan memahami materi sistem pernapasan manusia. Adapun faktornya yaitu (1) buku teks biologi pegangan siswa kelas XI MIA berisi cakupan materi yang luas. (2) siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. (3) siswa tidak terbiasa mengembangkan kreativitas dalam mencatat yang lebih ringkas dan padat selama proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan hasil wawancara pada analisis kebutuhan dengan guru biologi diperoleh data bahwa belum ditemui penggunaan media pembelajaran khususnya buku pengayaan biologi berbasis mind map pada materi sistem pernapasan manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan, mengetahui kelayakan dan mengetahui tanggapan guru serta tanggapan siswa terhadap produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek ujicoba terdiri dari 3 orang guru Biologi dan 15 orang siswa/i kelas XI MIA SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jenis data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah angket terbuka dan angket tertutup berupa skala Likert. Analisis data yang digunakan berupa teknik analisis deskriptif. Hasil validasi oleh ahli materi sebanyak dua kali diperoleh skor rata-rata 3,27 termasuk kedalam kategori “layak”. Validasi oleh ahli media sebanyak tiga kali diperoleh skor rata-rata 2,95 termasuk kedalam kategori “layak”. Selanjutnya ujicoba tanggapan guru biologi diperoleh nilai rata-rata 91,29 termasuk kedalam kategori “baik”. Sedangkan pada ujicoba tanggapan siswa diperoleh nilai rata-rata 90,43 termasuk kedalam kategori “baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa buku pengayaan biologi berbasis mind map layak digunakan pada materi sistem pernapasan manusia.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YUNITA VERONIKA
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:54
Last Modified: 26 Jun 2018 04:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4573

Actions (login required)

View Item View Item