ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA

PUTRI EDYANA, SINDY (2023) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
BAB I SINDY.pdf

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SINDY.pdf

Download (171kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN+PERSETUJUAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB V SINDY.pdf

Download (30kB)
[img] Text
SINDY PUTRI EDYANA_SKRIPSI .pdf

Download (4MB)
[img] Text
COVER SINDY.pdf

Download (47kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Edyana,S.P.,2023. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa, Jambi : Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing Skripsi I: Dr. Drs. Harizon, M.Si., Pembimbing Skripsi II: Dr. Drs. Haryanto,M.Kes Kata Kunci : Process Oriented Guided Inquiry Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Asam Basa. Kemampuan berpikir kritis adalah proses berpikir dengan menggabungkan kemampuan intelektual dan kemampuan berpikir untuk menganalisis dan memecahkan masalah sehingga pada akhirnya dapat menarik kesimpulan dari suatu permasalahan tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis yaitu model POGIL. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan model pembelajaran POGIL dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam basa di kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional. Instrumen penelitian berupa lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran POGIL oleh guru dan siswa, dan soal tes esai kemampuan berpikir kritis siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Product Moment dan selanjutnya untuk melihat seberapa besar kontribusi dilakukan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa penerapan model pembelajaran POGIL oleh siswa diperoleh persentase 72,08% dalam katagori baik. Hal ini sejalan positif dengan hasil observasi kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh persentase 71,28% dalam kategori baik, dan hasil tes kemampuan berpikit kritis siswa yang diperoleh persentase 88,80%. Hubungan pelaksanaan model pembelajaran POGIL dengan kemampuan berpikir kritis diperoleh hubungan yang kuat dengan rxy = 0,728. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 53% dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara pelaksanaan model pembelajaran POGIL dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam basa di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Process Oriented Guided Inquiry Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Asam Basa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Edyana
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:51
Last Modified: 04 Apr 2023 03:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46698

Actions (login required)

View Item View Item